• Kamis, 6 Oktober 2022

Gelaran Kirab Siwur, Tradisi Budaya Masyarakat untuk Menghormati Leluhur

- Sabtu, 13 Agustus 2022 | 08:45 WIB
Kegiatan Kirab Siwur yang digelar di Kapanewon Imogiri, Bantul, DIY, Kamis 11 Agustus 2022 (dok.Humas Pemkab Bantul/PojokMalioboro.com)
Kegiatan Kirab Siwur yang digelar di Kapanewon Imogiri, Bantul, DIY, Kamis 11 Agustus 2022 (dok.Humas Pemkab Bantul/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Kapanewon Imogiri dikenal dengan tradisi budayanya yang kental. Tradisi masyarakat sekitar dalam menghormati dan memuliakan para leluhur menjadikan Kapanewon Imogiri ditetapkan sebagai Gerbang Budaya Kabupaten Bantul oleh Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Salah satu dari tradisi budaya di Imogiri yakni Kirab Siwur yang merupakan salah satu rangkaian dari Upacara Nguras Enceh. Kirab Siwur ke-21 tahun ini dilaksanakan Kamis, 11 Agustus 2022 yang lalu dengan mengusung tema "Dengan Semangat Budaya Imogiri memperkokoh Bhineka Tunggal Ika menuju Warisan Dunia".

Terdapat 4 prosesi dalam Kirab Siwur ini. Pertama, prosesi pelepasan Kirab yang dilangsungkan di Pendopo Kapanewon Imogiri, kemudian dilanjutkan dengan prosesi pengambilan siwur (gayung) milik Bupati Juru Kunci Surakarta dan Bupati Puralaya. Terakhir, prosesi serah terima siwur di Makam Raja-Raja Imogiri.

Baca Juga: Download Logo HUT Kemerdekaan RI ke-77 Tahun 2022 Kualitas HD Resmi PNG, JPEG, Vector, PDF

Wakil Bupati Bantul, Joko Purnomo yang turut hadir dalam Upacara Kirab Siwur ini menyampaikan, terimakasih dan turut berbahagia atas terlaksananya kegiatan yang melambangkan syukur ini.

"Kegiatan ini sudah cocok dengan tatanan yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta," ujarnya.

Selain itu, Joko juga mengapresiasi atas gotong royong dan partisipasi masyarakat dalam melestarikan kebudayaan.

Baca Juga: Cegah NIK Dicatut Parpol untuk Daftar Pemilu, Begini Cara Mengeceknya

"Kegiatan seperti ini dapat mendukung visi misi Kabupaten Bantul," katanya. *

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari PojokMalioboro.com. Mari bergabung di Grup Telegram "News Room PojokMalioboro.com", caranya klik link https://t.me/newsroom_pojokmalioboro, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Istimewanya Yogyakarta, Seri : Panggung Krapyak

Jumat, 17 Desember 2021 | 21:34 WIB
X