• Kamis, 8 Desember 2022

Taman Pintar Bakal Dipenuhi Ratusan Sastrawan Muda Ikuti Kompetisi Bahasa dan Sastra

- Minggu, 21 Agustus 2022 | 20:34 WIB
Taman Pintar Yogyakarta (dok.Taman Pintar Yogyakarta/PojokMalioboro.com)
Taman Pintar Yogyakarta (dok.Taman Pintar Yogyakarta/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Besok, Senin 22 Agustus 2022, area Hall Phytagoras hingga Playground Taman Pintar Yogyakarta akan dipenuhi oleh ratusan sastrawan muda Kota Yogyakarta. Uniknya mereka beramai-ramai tampil berbusana tradisional Gagrak Ngayogyakarta.

Sejumlah 204 orang diantara mereka akan mengikuti lomba alih aksara. Mereka akan unjuk kemampuan menuliskan aksara Jawa yang benar dan indah. Sejumlah lainnya akan unjuk kemampuan dalam bersastra Jawa yaitu Maca Geguritan.

"Guna melestarikan dan mendekatkan tradisi sastra kepada generasi muda, Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta berupaya mengemas sastra dalam sebuah karya nyata melalui gelaran lomba," ujar Kasie Bahasa dan Sastra Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta, Ismawati Retno, dalam keterangannya, Minggu 21 Agustus 2022.

Baca Juga: Sultan Berpesan Warga Jogja Agar Tetap Menjaga Kerukunan saat Pemilu 2024

Rangkaian agenda Kompetisi Bahasa dan Sastra Tahun 2022, lanjut Ismawati merupakan bagian dari kegiatan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa dan Sastra.

"Acara pembukaan dilakukan Senin pagi jam 8.30 WIB di Hall Phytagoras Taman Pintar. Akan dibuka oleh Kepala Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kota Yogyakarta dan dihadiri sejumlah tamu undangan, serta dimeriahkan penampilan sastrawan cilik Binar Mutiara Yahya," katanya.

Berbagai lomba pada Kompetisi Bahasa dan Sastra 2022 ini, masih kata Ismawati digelar dengan sasaran generasi muda usia SD, SMP hingga SMA/K dan juga masyarakat umum. Total jumlah peserta ada 545 orang, yang 90 orang diantaranya akan maju di babak final.

Baca Juga: Semarakan HUT RI ke-77, Persikindo Gowes Bareng Masyarakat

"Secara khusus melibatkan 54 orang juri terdiri dari sastrawan, budayawan, praktisi, pendidik dan unsur media massa," katanya

Keterlibatan masyarakat pada penyelenggaraan tahun ini menurut Ismawati jumlahnya naik cukup signifikan dibandingkan tahun lalu yang mencapai 382 peserta.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Widiyastuti: Betapa Berharganya Merawat Sejarah

Selasa, 15 November 2022 | 09:23 WIB

Istimewanya Yogyakarta, Seri : Panggung Krapyak

Jumat, 17 Desember 2021 | 21:34 WIB
X