Culture Fun Run Kenalkan Kawasan Cagar Budaya di Kota Yogyakarta

- Senin, 6 Maret 2023 | 09:22 WIB
Kegiatan Culture Fun Run yang digelar Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta  (dok. Humas Pemkot Yogyakarta)
Kegiatan Culture Fun Run yang digelar Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta (dok. Humas Pemkot Yogyakarta)

POJOKMALIOBORO.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Kebudayaan (Disbud) Kota Yogyakarta menggelar acara bertajuk Culture Fun Run pada Minggu, 5 Maret 2023. Kegiatan ini digelar untuk mengenalkan kawasan cagar budaya Kota Yogyakarta kepada masyarakat dengan olahraga lari yang menyenangkan.

Masyarakat menyambut antusias kegiatan Culture Fun Run yang dapat diikuti secara gratis itu. Hal ini terbukti dengan adanya ratusan peserta yang mengikuti ajang lari dan mengenal kawasan cagar budaya di Kota Yogyakarta.

Para peserta menempuh rute 7,5 km dimulai dari Teras Malioboro 2 melewati kawasan cagar budaya Malioboro, Pakualaman dan Kotabaru.

Baca Juga: Kunjungi Pasar Baleendah, Presiden Jokowi Cek Harga Kebutuhan Pokok

"Jadi Culture Fun Run ini adalah kegiatan lari, tapi dengan mengelilingi titik-titik yang masuk dalam wilayah kawasan cagar budaya," terang Sekretaris Daerah (Sekda) Aman Yuriadijaya yang hadir melepas peserta Culture Fun Run di Teras Malioboro 2.

Menurut Aman, melalui kegiatan Culture Fun Run juga untuk mengenalkan kepada masyarakat bahwa kawasan cagar budaya di Kota Yogyakarta tidak hanya Malioboro. Tapi juga ada kawasan cagar budaya lainnya seperti Pakualaman dan Kotabaru yang tidak kalah menarik. Oleh karena itu kedepan akan banyak kegiatan di kawasan cagar budaya terutama di Kotabaru.

"Harapannya membuat ruang kesegaran masyarakat. Tapi pada lain pihak juga ingin memperkenalkan kawasan cagar budaya yang ada di Kota Yogyakarta," ungkap Aman.

Baca Juga: Perpustakaan Kota Yogyakarta Tumbuhkan Minat Baca Melalui Talita

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Kota Yogyakarta, Yetti Martanti mengatakan, dengan kegiatan Culture Fun Run itu mengajak masyarakat untuk lebih mengenal kawasan cagar budaya di Kota Yogyakarta dengan cara berbeda dan menyenangkan.

Dia menyampaikan, dalam jalur lari itu ada titik-titik pemberhentian dan menampilkan seniman yang mencirikan masing-masing kawasan cagar budaya.

"Kita memang ingin mengenalkan kawasan cagar budaya di Kota Yogyakarta dengan cara yang lebih menarik dan masyarakat bisa berpartisipasi secara langsung dengan Culture Fun Run ini," terang Yetti.

Baca Juga: Menkopolhukam, Mahfud MD: Putusan Penundaan Pemilu Harus Dilawan

Dalam Culture Fun Run itu para peserta melintasi berbagai ikon bangunan cagar budaya di kawasan cagar budaya di Malioboro, Pakualaman dan Kotabaru. Pada kawasan cagar budaya Malioboro misalnya, dengan bangunan Indische seperti di Pasar Beringharjo, Benteng Vredeburg dan Gedung Agung, Bangunan Kantor Pos Besar dan bangunan Bank Indonesia.

Sedangkan di kawasan cagar budaya Pakualaman ada bangunan Puro Pakualaman. Di kawasan cagar budaya Kotabaru ada bangunan-bangunan Indische dan berakhir kembali di Teras Malioboro 2.

Antusiasme masyarakat juga terlihat dari kostum yang dikenakan untuk mengikuti Culture Fun Run. Sebagian peserta ada yang mengenakan kain jarik berkebaya untuk perempuan dan kain jarik, surjan dan blangkon bagi laki-laki.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kota Magelang Diguyur Hujan Abu Lebat, Hati-hati!

Sabtu, 11 Maret 2023 | 15:37 WIB

Pemeriksaan BPK Dorong Makin Akuntabel dan Transparan

Selasa, 28 Februari 2023 | 09:39 WIB
X