• Senin, 4 Juli 2022

Komisi IV Minta Perusahaan Tambang Jaga Lingkungan Tetap Lestari

- Sabtu, 11 September 2021 | 06:28 WIB
ANTAM (ist)
ANTAM (ist)

BOGOR, pojokmalioboro.com - Komisi IV DPR RI dalam menjalankan fungsi pengawasannya, melakukan peninjauan sekaligus diskusi terkait permasalahan penambangan emas di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis, (9/9/2021). Anggota Komisi IV DPR RI Slamet menekankan, seluruh perusahaan termasuk ANTAM harus memastikan baik produksi dan pasca produksi tetap menjaga lingkungan tetap lestari.

“Kami meninjau lingkungan, secara lokasi, kami apresiasi sudah ada perbaikan. Walaupun sebenarnya perbaikan masih belum seberapa. Kami ingin juga memastikan seluruh perusahaan terutama ANTAM baik produksi dan pasca produksi harus tetap memelihara lingkungan yang lestari,” ucap Slamet di sela-sela mengikuti kegiatan Kunspek Komisi IV DPR RI tersebut seperti dilansir dari dpr.go.id.

Selain itu, dirinya menjelaskan bahwa pemerintah setempat perlu hadir tidak hanya sekadar melarang penambangan emas liar namun juga harus memberikan solusi alternatif yang tidak merusak. Diketahui, penambangan liar bermunculan karena sebagian masyarakat melakukannya untuk memenuhi kebutuhan dasar, bukan untuk mencari kekayaan.

Baca Juga: Laporan Aktivitas Gunung Merapi Sepekan: Terjadi Guguran Lava 129 Kali

Selain pemerintah setempat, ia berharap perusahaan yang mengelola sumber daya alam di sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Salak yaitu ANTAM harus turut berkontribusi lewat program-program corporate social responsibility (CSR) yang bisa memberdayakan masyarakat sehingga nantinya bisa mandiri tanpa menggantungkan hidup kepada perusahaan.

“Mereka (masyarakat sekitar) hanya sekedar mencari makan, bukan untuk menjadi kaya. Saya pikir hal ini (penambangan emas liar) bisa diselesaikan dengan program CSR perusahaan yang sifatnya produktif,” tutup politisi Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) tersebut.

Sebagai informasi, Kunspek Komisi IV yang dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Dedy Mulyadi turut dihadiri sejumlah Anggota Komisi IV DPR RI, di antaranya dari Riezky Aprilia, Hanan A Rozak, Endang Setyawati Thohari Dess, Suhardi Duka, Muslim, dan Haerudin. *

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puluhan Anggota KSP SB Tolak LPJ dan RAT

Jumat, 17 Juni 2022 | 11:21 WIB
X