• Jumat, 28 Januari 2022

Anis Matta : Pemerintah Perlu Dukung Iklim Usaha Pengembangan UMKM dan Ekonomi Kreatif

- Minggu, 14 November 2021 | 19:45 WIB
Anis Matta saat berdialog dengan pelaku UMKM di Yogyakarta (dok.Partai Gelora Indonesia)
Anis Matta saat berdialog dengan pelaku UMKM di Yogyakarta (dok.Partai Gelora Indonesia)

POJOKMALIOBORO.com - Ketua Umum Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia Anis Matta mengatakan, pemerintah perlu mendukung iklim usaha pengembangan UMKM dan ekonomi kreatif saat pandemi ini.

Sebab, UMKM dan ekonomi kreatif dapat memberikan kontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional dan mengentaskan kemiskanan.

"Kita punya peluang pasar domestik, dan UMKM saya memandangnya harus menjadi pilar utama ekonomi Indonesia, karena itu dibutuhkan iklim yang mendukung pengembangan UMKM," kata Anis Matta saat berdialog dengan pelaku UMKM di Yogyakarta dalam acara bertajuk Jagongan Gayeng, Sabtu 14 November 2021 malam.

Baca Juga: Ada Bansos Rp300 Ribu Disalurkan November-Desember 2021, Cek Provinsi Mana Saja yang Akan Menerima

Dalam dialog yang dilaksanakan dalam suasana santai di Coday Coffee ini, Anis Matta menilai dukungan tersebut akan menciptakan model sosial masyarakat kelas menengah yang berasal dari pelaku UMKM. Berbeda dengan negara-negara lain di dunia yang dibangun dari kelompok profesional.

"Tapi mereka ini rentan terhadap gejolak ekonomi. Sektor UMKM di Indonesia sudah teruji daya tahannya dalam menghadapi krisis ekonomi," katanya.

Partai Gelora, lanjutnya, pelaku UMKM ini harus menjadi kelompok mayoritas kelas menengah, sehingga akan mengokohkan ekonomi nasional.

Baca Juga: Akhirnya Amanda Manopo Bicara Rencana Nikah hingga Bahas Sesuatu yang Harus Dipelajari Calon Pengantin

Namun, untuk mencapai hal itu, dibutuhkan peta jalan pengembangan UMKM.

"Selain itu, pemerintah juga harus menyiapkan sistem pendukung bagi pengembangan UMKM dengan memberikan kemudahan permodalan, teknologi, kemudahan regulasi, insentif pajak, dan pasar yang terbuka," ujarnya.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Anak Yatim Korban Covid-19 di Sleman Terima Santunan

Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:55 WIB
X