• Sabtu, 21 Mei 2022

Forpi Kota Yogyakarta: Jangan Coreng Citra Kota Gudeg dengan Tradisi Nuthuk Harga

- Senin, 25 April 2022 | 09:38 WIB
Anggota Forpi Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba (Istimewa)
Anggota Forpi Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba (Istimewa)

POJOKMALIOBORO.com - Momentun libur panjang seperti Lebaran tahun 2022 ini diprediksi akan ramai dikunjungi para wisatawan di Yogyakarta. Situasi ini pun seharusnya tidak dijadikan aji mumpung dengan menaikkan tarif di luar aturan yang ada alias 'nuthuk'. Namun harus dimanfaatkan dengan memberikan pelayanan dan kesan yang baik bagi wisatawan.

Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta meminta pihak terkait agar menindak tegas terhadap oknum juru parkir, pedagang kaki lima khususnya disektor kuliner maupun pelaku usaha lainnya yang terbukti melakukan aksi 'nuthuk' ini.

"Karena dengan 'nuthuk' tarif parkir, misalnya, jelas mencoreng citra Yogyakarta sebagai tujuan wisata," ujar Anggota Forpi Kota Yogyakarta Baharuddin Kamba, Senin 25 April 2022.

Baca Juga: Budidaya Ikan Kolam Masih Prospektif di DIY

Jangan sampai perilaku menaikkan tarif parkir yang kerap terjadi, menjadi semacam penyakit tahunan saat momen libur panjang di Kota Yogyakarta terus terjadi dan menambah daftar panjang aksi 'nuthuk' di Yogyakarta.

"Vonis denda yang dijatuhkan oleh Pengadilan Negeri Yogyakarta sudah terbilang sudah cukup tinggi yakni Rp. 2 juta dalam kasus tarif parkir Rp. 350 ribu untuk bus seharusnya memberikan efek jera bagi juru parkir lainnya," kata Kamba.

Hampir setiap tahun khususnya pada momen libur panjang seperti Lebaran, Forpi Kota Yogyakarta menerima aduan terkait tarif parkir yang tidak sesuai dengan aturan yang ada.

Baca Juga: Sahabat Ganjar Lesung Bumi, Mengantar Dukungan Petani DIY untuk Ganjar Pranowo

"Jika diperlukan papan informasi tarif parkir termasuk kawasan tarif parkir progresif serta kanal-kanal pengaduan terkait tarif parkir supaya dipasang di kawasan-kawasan pariwisata. Hal ini penting guna meminimalisir terjadinya aksi 'nuthuk'," ucap Kamba.

Ditambahkan Kamba, Forpi Kota Yogyakarta juga membuka layanan aduan apabila warga menemukan oknum juru parkir yang melakukan aksi 'nuthuk' tentunya dengan disertai bukti pendukung misalnya karcis. Aduan layanan dapat disampaikan ke 0813 6066 1597, 0813 9313 2707, atau 0895 3839 20147. Aduan dari masyarakat akan Forpi Kota Yogyakarta sampaikan ke OPD terkait.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandemi Makin Dekatkan ICMI dengan Masyarakat

Rabu, 27 April 2022 | 20:49 WIB

Budidaya Ikan Kolam Masih Prospektif di DIY

Senin, 25 April 2022 | 09:32 WIB
X