• Sabtu, 21 Mei 2022

Serikat Pekerja Jogja Bakal Gelar Aksi May Day Sehabis Lebaran, Desak Pemerintah Hapus UU Cipta Kerja

- Selasa, 26 April 2022 | 01:52 WIB
MPBI DIY gelar Dialog Ramadan Pekerja dengan tema Menggagas Program Jaminan Sosial Daerah Bagi Masyarakat DIY (Humas MPBI DIY)
MPBI DIY gelar Dialog Ramadan Pekerja dengan tema Menggagas Program Jaminan Sosial Daerah Bagi Masyarakat DIY (Humas MPBI DIY)

POJOKMALIOBORO.com - Salah satu persoalan yang menjadi sorotan aliansi serikat pekerja yang tergabung di dalam Majelis Pekerja Buruh Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (MPBI DIY) saat aksi peringatan May Day atau Hari Buruh Internasional di tahun 2022 ini, adalah kegagalan pemerintah dalam melindungi kaum buruh dan rakyatnya sepanjang dua tahun lebih Pandemi Covid-19 melanda Indonesia.

MPBI DIY menilai, kaum buruh yang sejahtera dan terpenuhinya hak-hak para pekerja menjadi salah satu prasyarat terciptanya situasi Kamtibmas.

Hal ini, menurut MPBI DIY penting agar penanganan pandemi dan percepatan pemulihan ekonomi nasional dapat berjalan on the track.

Baca Juga: Forpi Kota Yogyakarta: Jangan Coreng Citra Kota Gudeg dengan Tradisi Nuthuk Harga

Dengan begitu, bangsa Indonesia bisa segera bangkit dan pulih dari keterpurukan di berbagai sektor kehidupan akibat pandemi.

Hal itu dikemukakan dalam Dialog Ramadan Pekerja dengan tema 'Menggagas Program Jaminan Sosial Daerah Bagi Masyarakat DIY' yang diprakarsai oleh federasi serikat pekerja yang bernaung di bawah payung MPBI DIY, di Hotel Tjokro Style, Umbulharjo, Yogyakarta. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan May Day.

Dialog tersebut turut menghadirkan narasumber anggota Komisi D DPRD DIY Syukron Arif Muttaqin, Dosen Departemen Sosiologi Fisipol UGM Dr. M. Falikul Isbah, dan Kadisnakertrans DIY Aria Nugrahadi.

Baca Juga: Budidaya Ikan Kolam Masih Prospektif di DIY

"Ribuan buruh di DIY dipastikan mengikuti aksi peringatan May Day yang digelar secara serentak di seluruh Indonesia usai Lebaran. Khusus wilayah Jogja, menyikapi banyaknya jumlah peserta massa aksi yang ikut bergabung, MPBI DIY berkoordinasi dengan instansi terkait guna melakukan antisipasi terhadap potensi munculnya gangguan kamtibmas," ujar Ketua MPBI DIY Irsad Ade Irawan, Minggu 24 April 2022.

Irsad menegaskan, sejumlah isu menjadi tuntutan buruh saat May Day. Isu yang paling utama adalah mendesak agar pemerintah segera mencabut UU (Undang-undang) Cipta Kerja beserta peraturan turunannya yang isinya sangat menyengsarakan rakyat dan sama sekali tidak mencerminkan nilai-nilai keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandemi Makin Dekatkan ICMI dengan Masyarakat

Rabu, 27 April 2022 | 20:49 WIB

Budidaya Ikan Kolam Masih Prospektif di DIY

Senin, 25 April 2022 | 09:32 WIB
X