• Sabtu, 21 Mei 2022

GP Ansor DIY Desak Polisi Tindak Tegas Penyebar Hoax Menteri Agama Batalkan Haji

- Senin, 9 Mei 2022 | 08:43 WIB
Ketua PW GP Ansor DIY Muhammad Syaifuddin saat memberikan keterangan pers di Kantor Kesekretariatan PW Ansor DIY, Minggu 8 Mei 2022 (dok.PW GP Ansor DIY)
Ketua PW GP Ansor DIY Muhammad Syaifuddin saat memberikan keterangan pers di Kantor Kesekretariatan PW Ansor DIY, Minggu 8 Mei 2022 (dok.PW GP Ansor DIY)

POJOKMALIOBORO.com - Ketua Pimpinan Wilayah Gerakan Pemuda Ansor Daerah Istimewa Yogyakarta Muhammad Syaifuddin menegaskan, berita yang beredar di media sosial (medsos) mengenai pembatalan pemberangkatan jamaah haji tahun 2022 dan dananya akan dipergunakan untuk membangun Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara merupakan berita sesat atau hoax.

Muhammad Syaifuddin dalam keterangan persnya di Kantor Kesekretariatan PW Ansor DIY, Minggu 8 Mei 2022 siang mendesak pihak kepolisian agar segera menindak tegas oknum penyebar berita bohong tersebut sesuai dengan aturan yang berlaku, karena jelas itu fitnah dan menimbulkan kegaduhan ditengah-tengah masyarakat.

"Sungguh sangat tidak benar berita itu bahwa Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas akan membatalkan pemberangkatan Haji 2022 dan dananya akan digunakan untuk membangun IKN Nusantara. Itu berita bohong, sesat atau hoaks," tegas pria yang akrab disapa Kang Udin tersebut.

Baca Juga: Forpi Kota Yogyakarta Akan Lakukan Pantauan pada Hari Pertama Kerja ASN Besok, Pastikan Tidak ada yang Bolos

Keterangan pers tersebut dikeluarkan oleh PW GP Ansor DIY untuk merespon informasi yang beredar dan telah membuat gaduh di masyarakat terkait tangkapan layar sebuah berita online dengan narasi bahwa Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyebut Haji tahun 2022 dibatalkan, karena dananya akan digunakan terlebih dahulu untuk membangun IKN Nusantara.

Faktanya, judul berita yang beredar tersebut telah diedit. Pada berita yang sebenarnya Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menegaskan pemerintah tidak akan menghentikan pemberangkatan jamaah ibadah umroh yang telah dibuka sejak 8 Januari 2022 lalu.

Menyikapi hal itu, Kang Udin berharap agar masyarakat tidak mudah termakan berita bohong atau hoax, karena itu sengaja dibuat oleh oknum yang tidak bertanggungjawab untuk membuat kegaduhan. Sehingga polisi juga harus reaktif untuk merespon hal-hal yang seperti ini. *

Baca Juga: Serial Drama House Of The Dragon Akan Tayang 22 Agustus di HBO Go, Ini Pemerannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari PojokMalioboro.com. Mari bergabung di Grup Telegram "News Room PojokMalioboro.com", caranya klik link https://t.me/newsroom_pojokmalioboro, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

 

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandemi Makin Dekatkan ICMI dengan Masyarakat

Rabu, 27 April 2022 | 20:49 WIB

Budidaya Ikan Kolam Masih Prospektif di DIY

Senin, 25 April 2022 | 09:32 WIB
X