• Sabtu, 21 Mei 2022

Lestarikan Budaya Yogyakarta, Sahabat Ganjar Gelar Kegiatan Membatik bersama Komunitas Lokal

- Rabu, 11 Mei 2022 | 17:36 WIB
Lestarikan Budaya Yogyakarta, Sahabat Ganjar Gelar Kegiatan Membatik bersama Komunitas Lokal (Dok.Sahabat Ganjar)
Lestarikan Budaya Yogyakarta, Sahabat Ganjar Gelar Kegiatan Membatik bersama Komunitas Lokal (Dok.Sahabat Ganjar)

POJOKMALIOBORO.com - Indonesia memiliki budaya dan kesenian yang terkenal sampai ke mancanegara. Salah satunya adalah batik, yang merupakan seni yang memiliki keindahan tiada tandingannya. Pada Rabu 11 Mei 2022 Relawan Sahabat Ganjar menyambangi Kabupaten Sleman untuk melakukan kegiatan membatik bersama komunitas lokal.

Kegiatan diawali dengan membagikan Pasera atau Paket Sembako Rakyat kepada masyarakat yang berada di Sleman. Sebanyak 100 sembako dikerahkan untuk membantu masyarakat dengan cara door to door.

Ketua DPW Yogyakarta, Arya Rizki Yudhatama menuturkan pendataan yang dilakukan selama pembagian sembako sudah menggunakan aplikasi digitak yang hanya dimiliki oleh Relawan Sahabat Ganjar.

Baca Juga: Anis Matta: Partai Gelora Siap Ikuti Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2024

"Kita sudah melek akan dunia digital, jadi selama prosesi pendataan sudah tidak lagi secara manual. Kita memanfaatkan kemajuan teknologi dengan menggunakan aplikasi," ungkap Arya.

Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta banyak sekali memiliki tradisi dan kebudayaan yang sangat indah. Salah satunya adalah batik.

Relawan Ganjar yang sangat cinta dengan kebudayaan Indonesia ini, melakukan kegiatan selanjutnya dengan membatik bersama komunitas lokal di Batik Asha Arin Collection yang berada di Kabupaten Sleman.

Baca Juga: PKS Minta Pemkot harus Berani Membuat Gebrakan Pecahkan Masalah Sampah di Kota Yogyakarta

Arya mengatakan, selain mengkonsumsi, kita harus tau cara pembuatan batik itu sendiri. Kita harus tau, proses pembuatan maha karya yang begitu indah dari Yogyakarta ini.

"Banyak cara yang dilakukan dalam proses membatik, dan menjadi tau mengapa batik begitu digemari sampai ke mancanegara," ucap Arya.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandemi Makin Dekatkan ICMI dengan Masyarakat

Rabu, 27 April 2022 | 20:49 WIB

Budidaya Ikan Kolam Masih Prospektif di DIY

Senin, 25 April 2022 | 09:32 WIB
X