• Sabtu, 21 Mei 2022

Hasil Pertemuan Pemda DIY dan Warga: TPA Piyungan Kembali Dibuka Hari Ini

- Kamis, 12 Mei 2022 | 10:40 WIB
Warga saat menutup akses jalan masuk menuju TPA Piyungan, Sabtu 7 Mei 2022 (Ibrahim Umar/PojokMalioboro.com)
Warga saat menutup akses jalan masuk menuju TPA Piyungan, Sabtu 7 Mei 2022 (Ibrahim Umar/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Pemda DIY bersama perwakilan warga sekitar TPA Regional Piyungan, Kalurahan Sitimulyo, Bantul telah membuat kesepakatan bahwa penutupan akses masuk TPA Regional Piyungan yang dilakukan warga sekitar TPA dan telah berjalan selama beberapa hari, akan kembali dibuka pada Kamis 12 Mei 2022 pagi. 

Kesepakatan ini merupakan hasil dari diskusi warga Kalurahan Sitimulyo, khususnya Dusun Banyakan 1-3 dan Dusun Ngablak, dengan Pemda DIY, Rabu 11 Mei 2022 siang di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta. Hadir memimpin audiensi yakni Sekretaris Daerah DIY Kadarmanta Baskara Aji. Turut membersamai Sekda DIY, Lurah Sitimulyo H. Juweni dan Camat Piyungan Muhammad Barid. 

Mengutip laman resmi website Pemda DIY, disebutkan tujuan Pemda DIY membuka ruang diskusi ini adalah mendengarkan aspirasi warga sekitar TPA Regional Piyungan yang sebelumnya merasa keberatan dengan rencana dibukanya lahan transisi mengingat daya tampung lahan eksisting di zona A dan zona B TPA Piyungan tak lagi memadai. 

Baca Juga: Surat Keputusan Bersama 4 Menteri Terbaru: Sekolah di Wilayah PPKM 1-3 PTM 100 Persen

Pada kesempatan tersebut, Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji mengatakan bahwa saat ini Pemda DIY melalui DLHK DIY dan Dinas PUP ESDM DIY telah mengupayakan pemadatan sampah di zona A dan B untuk memperpanjang daya tampung.

“Setelah dipadatkan kemarin, bisa turun sekitar 4 meter dan mungkin bisa bertambah daya tampungnya sekitar 1,5 bulan. Zona transisi akan digunakan kalau kapasitas zona A dan B benar-benar sudah tidak memadai. Jadi kita memaksimalkan dulu zona A dan zona B,” ujarnya. 

Aji mengatakan, jika zona transisi digunakan, diproyeksikan hanya akan digunakan hingga tahun 2025. Setelah tahun tersebut, lahan transisi akan ditutup dan tidak akan ada lagi pembuangan sampah.

Baca Juga: Wamen LHK: FoLU Net-Sink 2030, Langkah Maju Indonesia untuk Penanganan Perubahan Iklim

“Pada intinya, kita sekarang sedang mengupayakan pengelolaan sampah dari sekadar pembuangan menjadi pengolahan/pemrosesan,” imbuhnya. 

Di sisi lain, sesuai dengan aspirasi warga, Aji menekankan bahwa penyiapan proses lahan transisi juga harus memperhatikan bahaya pencemaran sumber air tanah.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pandemi Makin Dekatkan ICMI dengan Masyarakat

Rabu, 27 April 2022 | 20:49 WIB

Budidaya Ikan Kolam Masih Prospektif di DIY

Senin, 25 April 2022 | 09:32 WIB
X