• Jumat, 9 Desember 2022

Lima Hari Dinyatakan Hilang, Seorang Nenek Ditemukan dalam Kondisi Selamat di Gunungkidul

- Senin, 30 Mei 2022 | 11:15 WIB
Lima Hari Dinyatakan Hilang, Seorang Nenek Ditemukan dalam Kondisi Selamat di Gunungkidul (dok.Basarnas)
Lima Hari Dinyatakan Hilang, Seorang Nenek Ditemukan dalam Kondisi Selamat di Gunungkidul (dok.Basarnas)

POJOKMALIOBORO.com - Setelah dinyatakan hilang selama lima hari, seorang nenek bernama Kasih (80) ditemukan dalam kondisi selamat di aliran sungai Jurug, perbatasan antara Dusun Kembang, Nglampar, Padangan, Karang, Kalurahan Nglegi, Patuk, Gunungkidul, Minggu 29 Mei 2022 pada pukul 14.30 WIB.

Kronologi kejadian hilangnya Kasih berawal pada hari Senin 23 Mei 2022 pukul 09.00 WIB dirumah anaknya pamit kepada suami untuk ke tempat adiknya Siyam yang berjarak sekitar 150 meter dari rumahnya, pukul 10.00 WIB survivor bertemu dengan warga dan bilang akan ketempat adiknya (Siyam). Pada pukul 14.15 WIB melihat Kasih berjalan keluar dari jalan setapak dari hutan.

Setengah jam kemudian warga melihat Kasih dalam kondisi bingung dan di arahkan untuk kembali menuju rumah melalui jalan setapak umum. Setelah itu warga pada pukul 15.15 WIB mengatakan kalau Kasih berjalan turun melalui jalan setapak namun tidak bertemu dengan Kasih, dan sampai sore harinya korban tidak kembali juga tidak ada di rumah adiknya (Siyam), maka keluarga dan warga berinisiatif untuk mencarinya.

Baca Juga: Drama Korea Woori The Virgin Dibintangi Im Soo Hyang dan Sung Hoon, Ini Sinopsisnya

Keluarga, warga dan tokoh masyarakat mencari di radius terakhir korban dilihat namun hasilnya masih nihil dan melanjutkan pencarian pada esok harinya Selasa 24 Mei 2022 pagi.

Namun upaya yang dilakukan dari pihak keluarga dan warga belum juga membuahkan hasil, pada hari Selasa 24 Mei 2022, pukul 09.00 WIB melaporkan kejadian tersebut kepada SAR DIY Distrik Gunungkidul, dan kemudian setelah mendapat laporan lalu meresponnya dan pukul 10.00 WIB SAR DIY sampai di lokasi dan melakukan asessment awal.

Pihak SAR DIY Distrik Gunungkidul kemudian berkoordinasi dengan Basarnas dan Potensi SAR lainnya yang dilanjutkan dengan mendirikan Pos SAR Gabungan.

Baca Juga: Next Pandemi: Virus Hendra, Kenali Gejala dan Cara Penularannya

Menurut Humas Basarnas Pipit Erianto metode pencarian yang digunakan oleh SAR Gabungan dengan melakukan penyisiran yang mengarah ke timur menuju Nglampar dengan metode Open Gride. Penyisiran yang lainnya menuju arah barat dengan menyusuri sungai.

Hasil Operasi SAR Gabungan akhirnya membuahkan hasil, Kasih ditemukan dalam keadaan selamat pada pukul 14.30 WIB di aliran sungai Jurug. Kemudian dilarikan menuju RS Nur Rohmah Playen Gunungkidul untuk mendapatkan pertolongan medis.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tugu Jogja Expo Bakal Digelar di Jalan Mangkubumi

Selasa, 22 November 2022 | 12:13 WIB

Charter Night Lions Club Yogyakarta Bhumi Mataram

Minggu, 20 November 2022 | 20:07 WIB
X