• Jumat, 9 Desember 2022

Kisruh Penonton Konser Musik di Lippo Plaza Jogja, Ini Kata Pihak Penyelenggara

- Senin, 13 Juni 2022 | 16:28 WIB
Kisruh Konser Musik di Lippo Plaza Jogja (Tangkapan layar instagram)
Kisruh Konser Musik di Lippo Plaza Jogja (Tangkapan layar instagram)

POJOKMALIOBORO.com - Kerusuhan saat konser live music terjadi di Lippo Plaza Jogja, Minggu, 12 Juni 2022 malam. Hal itu diduga terjadi karena provokasi penonton. Di samping itu, kapasitas lokasi yang tak bisa menampung massa juga diduga menjadi faktor tersulutnya kerusuhan itu.

Sejumlah benda berserakan setelah konser usai. Bagian parkir, lokasi kerusuhan terjadi, dipenuhi besi, hingga pagar pembatas yang rusak.

Manajer Operasional Expo Productions Hangga Bagaswara membenarkan peristiwa kericuhan tersebut. Ia menjelaskan kronologis kejadian itu berawal dari penambahan jumlah pengunjung yang terlampau banyak.

Baca Juga: Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta buka 6 Lowongan Pekerjaan, Apa Saja? Ini Infonya

"Jadi tadi malam itu kronologisnya kita memanggil band yang sudah reguler di tempat kami. Nah setiap dia berapa kali main itu terkondisi dengan baik aman. Tadi malam tiba-tiba terjadi penambahan jumlah pengunjung yang sangat banyak," kata Hangga kepada wartawan, Senin, 13 Juni 2022.

Akibat dari lonjakan pengunjung itu membuat tidak semua bisa masuk ke area Seven Sky. Pihak panitia pun sudah memberikan informasi penuhnya area tersebut kepada pengunjung yang ada di luar.

Sebenarnya informasi itu telah diterima dan dipahami oleh sejumlah pengunjung yang datang. Bahkan beberapa dari pengunjung memilih untuk meninggalkan lokasi dengan tertib.

Baca Juga: Pengajian Inklusi MPM PP Muhammadiyah Kembali Aktif

Hanya kemudian menyisakan sekitar 20-30 orang yang tetap ingin masuk ke lokasi. Panitia pun kembali turun memberikan informasi sudah penuhnya area Seven Sky tersebut dengan harapan mereka bisa menerima dan pulang dengan tertib.

"Tetapi waktu kami menginformasikan berkali-kali, ada 2-3 orang yang mengatakan atau membuat statement untuk mendobrak aja itu. Akhirnya banyak yang terprovokasi dengan kalimat itu. Sebagian mulai maju ingin merangsek ke depan," terangnya.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tugu Jogja Expo Bakal Digelar di Jalan Mangkubumi

Selasa, 22 November 2022 | 12:13 WIB

Charter Night Lions Club Yogyakarta Bhumi Mataram

Minggu, 20 November 2022 | 20:07 WIB
X