• Jumat, 9 Desember 2022

Forpi Kota Yogyakarta Menemukan Adanya Dugaan 'Nunut KK' pada PPDB SMP 2022/2023

- Senin, 13 Juni 2022 | 17:49 WIB
Forpi Kota Yogyakarta saat memantau pelaksanaan PPDB SMP tahun ajaran 2022/2023 di sejumlah sekolah Yogyakarta (dok. Forpi Kota Yogyakarta)
Forpi Kota Yogyakarta saat memantau pelaksanaan PPDB SMP tahun ajaran 2022/2023 di sejumlah sekolah Yogyakarta (dok. Forpi Kota Yogyakarta)

POJOKMALIOBORO.com - Forum Pemantau Independen (Forpi) Kota Yogyakarta menemukan dugaan modus memanfaatkan status "famili lain" pada kartu keluarga untuk mempermudah calon siswa luar kota Yogyakarta agar dapat diterima di sekolah negeri tingkat sekolah pertama (SMP) di kota Yogyakarta.

Diungkapkan Anggota Forpi Kota Yogyakarta, Baharuddin Kamba, dari empat sekolah yang dipantau untuk jalur zonasi wilayah ada saja ditemukan status famili lain diberkas pendaftaran calon peserta didik baru.

"Jumlahnya semakin banyak di sekolah-sekolah yang dianggap favorit. Temuan ini setiap tahun Forpi Kota Yogyakarta temukan," kata Kamba, Senin, 13 Juni 2022.

Baca Juga: Kisruh Penonton Konser Musik di Lippo Plaza Jogja, Ini Kata Pihak Penyelenggara

Adapun sekolah menengah pertama (SMP) Negeri yang Forpi Kota Yogyakarta pantau hari ini Senin, 13 Juni 2022, sebut Kamba, adalah SMP Negeri 6 Kota Yogyakarta, SMP Negeri 8 Kota Yogyakarta, SMP Negeri 12 dan SMP Negeri 14 Kota Yogyakarta.

"Forpi Kota Yogyakarta akan menelusuri lebih lanjut atas temuan tersebut termasuk meminta penjelasan dari Disdukcapil Kota Yogyakarta terkait keabsahan atas status "famili lain" yang tercantum dalam Kartu Keluarga (KK)," tandas Kamba.

Kamba menambahkan, apabila terjadi pemutasian penduduk maka perlu akuntabilitas dan transparansi terutama pada saat penambahan anggota keluarga dalam kartu keluarga atau C1.

Baca Juga: Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta buka 6 Lowongan Pekerjaan, Apa Saja? Ini Infonya

"Perlu peran aktif dari pengurus kewilayahan dalam hal ini Ketua RT/Ketua RW untuk memastikan apakah nama yang tercantum dalam KK atau C1 benar merupakan warganya atau bukan. Jika bukan merupakan warganya, maka pihak Ketua RT/RW dapat menyampaikan hal tersebut ke Kelurahan, Kecamatan atau Kantor Disdukcapil Kota Yogyakarta," pesan Kamba.

Kembali disampaikan, temuan adanya status famili lain yang tercantum pada Kartu Keluarga atau C1 pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022/2023 sudah Forpi Kota Yogyakarta prediksi sebelumnya.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tugu Jogja Expo Bakal Digelar di Jalan Mangkubumi

Selasa, 22 November 2022 | 12:13 WIB

Charter Night Lions Club Yogyakarta Bhumi Mataram

Minggu, 20 November 2022 | 20:07 WIB
X