• Jumat, 9 Desember 2022

JPW Kecam Tindak Kekerasan yang Terjadi di Yogyakarta

- Rabu, 6 Juli 2022 | 00:18 WIB
Kadiv Humas JPW, Baharuddin Kamba (dok.Pribadi/PojokMalioboro.com)
Kadiv Humas JPW, Baharuddin Kamba (dok.Pribadi/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Terkait dengan bentrokan massa dikawasan Seturan Babarsari Depok Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jogja Police Watch (JPW) mengecam segala tindakan kekerasan dalam bentuk dan alasan apapun.

"Karena jika sesuatu hal diselesaikan dengan cara kekerasan, maka tidak akan menyelesaikan masalah hukum tetapi justru menambah persoalan hukum yang baru," Kadiv Humas JPW, Baharuddin Kamba, Selasa 5 Juli 2022.

Kasus ini menurut Kamba harus diusut tuntas, siapapun yang terlibat harus diproses hukum secara adil, transparan dan profesional.

Baca Juga: Ketua BPC PHRI Sleman Minta Penegak Hukum untuk Segera Mengungkap Kasus Seturan

"Kepolisian sebagai alat negara tidak boleh kalah dengan aksi premanisme dan anarkisme oleh dan terhadap siapapun," tegas Kamba.

Dia juga menilai perlu ada pencegahan dini agar kasus serupa tidak terulang kembali. Dapat berupa responsif atau kepekaan dari aparat penegak hukum dalam hal ini pihak kepolisian (bagian intelijen) terhadap potensi terjadinya konflik massa tidak hanya di daerah Seturan Babarsari Depok Sleman tetapi didaerah atau tempat lainnya.

"Pihak kepolisian pasti sudah punya data dan informasi terkait daerah maupun lokasi di Daerah Istimewa Yogyakarta yang berpotensi baik skala besar sedang maupun rendah terjadinya konflik atau bentrokan massa apalagi ditempat-tempat hiburan malam," kata Kamba.

Baca Juga: Tokoh Masyarakat Yogyakarta Sesalkan Aksi Kekerasan yang Terjadi, Minta Aparat Menindak Tegas

Kamba berharap Kepala Daerah yang ada di Provinsi maupun Kabupaten/Kota rutin melakukan dialog atau komunikasi khususnya terhadap para mahasiswa maupun pelajar dari luar daerah.

"Karena setiap perkumpulan pasti ada paguyubannya masing-masing dan ada sesepuhnya yang dituakan jadi panutan. Kehadiran kepala daerah itu sangat diperlukan," tandasnya.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tugu Jogja Expo Bakal Digelar di Jalan Mangkubumi

Selasa, 22 November 2022 | 12:13 WIB

Charter Night Lions Club Yogyakarta Bhumi Mataram

Minggu, 20 November 2022 | 20:07 WIB
X