• Jumat, 9 Desember 2022

Resmi Dilantik, HPN Kota Yogyakarta Konsen Pada Kemajuan UMKM

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 19:21 WIB
Prosesi pelantikan PC HPN Kota Yogyakarta (Ibrahim Umar/PojokMalioboro.com)
Prosesi pelantikan PC HPN Kota Yogyakarta (Ibrahim Umar/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Setelah resmi dilantik hari ini, Jumat 5 Agustus 2022, Pengurus Cabang (PC) Himpunan Pengusaha Nahdliyin (HPN) Kota Yogyakarta akan segera memperkuat kepengurusan internal mereka.

Selain itu, dikatakan Ketua PC HPN Kota Yogyakarta Yana Karyana, pihaknya juga akan konsen pada kemajuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Di Daerah Istimewa Yogyakarta berdasarkan data BPS jumlah UMKM tercatat 521.011 yang didominasi nonpertanian sebesar 98,7 persen," ujar Yana disela pelantikan Pengurus Cabang HPN Kota Yogyakarta.

Baca Juga: Pasien Suspek Cacar Monyet di Jawa Tengah Dinyatakan Negatif, Ganjar Tetap minta Pintu Masuk Diperketat

Dari jumlah tersebut, lanjut Yana, Sleman memiliki 140.395 UMKM, Bantul 138.332 UMKM, Gunungkidul 111.655 UMKM, Kota Yogyakarta 66.575 UMKM, dan Kulonprogo 64.054 UMKM.

"Tapi dari jumlah itu hanya sebagian kecil saja yang memanfaatkan teknologi, baik dalam usaha marketing maupun produksi," katanya.

Hal itu, masih kata Yana, menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi HPN untuk mengantarkan para pengusaha mikro tersebut untuk naik kelas menjadi pengusaha menengah dan seterusnya.

Baca Juga: Pembangunan Pusat Persemaian di Kalimantan Selatan, Kerjasama Kementerian LHK dan PUPR bersama Adaro

Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Nahdliyin Kota Yogyakarta (Ibrahim Umar/PojokMalioboro.com)
"Karena dalam proses pembentukannya HPN memiliki fungsi sebagai wadah berhimpun bagi setiap pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah dan Besar. Juga sebagai wahana meningkatkan kualitas dan kapasitas usaha, serta memperkokoh dan memperluas jaringan usaha anggotanya," papar Yana.

Dengan mengusung tema Merajut Ukhuwah menuju Ekonomi Berkeadilan, sambung Yana, diharapkan HPN Kota Yogyakarta akan menjadi sarana representasi pengusaha Nahdliyin, artikulasi, dan agregasi kepentingan kewirausahaan, advokasi terhadap anggotanya dan pelaku usaha umumnya.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tugu Jogja Expo Bakal Digelar di Jalan Mangkubumi

Selasa, 22 November 2022 | 12:13 WIB

Charter Night Lions Club Yogyakarta Bhumi Mataram

Minggu, 20 November 2022 | 20:07 WIB
X