• Kamis, 6 Oktober 2022

Pemkot Yogyakarta Imbau Wajib Pajak Segera Bayar PBB

- Jumat, 2 September 2022 | 07:42 WIB
Ilustrasi Pajak Bumi dan Bangunan (Pixabay/nattanan23)
Ilustrasi Pajak Bumi dan Bangunan (Pixabay/nattanan23)

POJOKMALIOBORO.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta mengimbau masyarakat terutama wajib pajak untuk segera membayar Pajak Bumi Bangunan (PBB) perdesaan perkotaan. Mengingat mendekati jatuh tempo pembayaran PBB pada 30 September 2022. Jika pembayaran PBB melewati waktu jatuh tempo akan dikenakan sanksi denda.

"Kami mendorong para wajib pajak, Pajak Bumi dan Bangunan untuk segera membayar," kata Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta, Wasesa, di Balai Kota, Kamis 1 September 2022.

Untuk memudahkan pembayaran PBB di masyarakat, BPKAD Kota Yogyakarta mengadakan pekan pembayaran pajak di wilayah. Pekan pembayaran PBB tersebut diadakan menjelang jatuh tempo pembayaran PBB. Dia menyampaikan kegiatan pekan pembayaran PBB dilaksanakan berbasis kelurahan.

Baca Juga: Warga Gambiran Datangi Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta Sampaikan Keluhan Atas Pemberlakuan Jalan Satu Arah

"Kami lakukan pekan pembayaran PBB di wilayah. Sudah dimulai setiap hari Rabu. Tempatnya bisa di wilayah RW-RW tapi basisnya kelurahan," ujar Wasesa.

Pemkot Yogyakarta juga semakin memudahkan pelayanan pembayaran PBB bekerja sama dengan perbankan dan pihak terkait. Pembayaran bisa dilakukan melalui berbagai layanan perbankan, atau teller Bank seperti BPD DIY, BNI, BRI, Bank Jogja.

Termasuk pembayaran PBB melalui loket pelayanan pajak daerah di Mal Pelayanan Publik dan Kantor Pos. Selain itu melalui layanan pembayaran digital Gopay dan Tokopedia.

Baca Juga: Pemerintah Diminta Buat Blue Print Kepentingan Nasionalnya Agar Tidak Terseret Konflik Taiwan-China

BPKAD Kota Yogyakarta mencatat per 24 Agustus 2022, realisasi penerimaan PBB di Kota Yogyakarta sebanyak Rp 42,58 miliar. Persentase realisasi tersebut sekitar 43,9 persen dari target penerimaan PBB tahun 2022 sekitar Rp 97 miliar.

Kondisi itu salah satunya dipengaruhi perilaku wajib pajak yang cenderung membayar pajak mendekati jatuh tempo.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasdam XII/Tpr Ikuti Rakornis TMMD ke-115 TA 2022

Kamis, 29 September 2022 | 18:28 WIB

Penyaluran BLT BBM ke Masyarakat Harus Diawasi

Sabtu, 10 September 2022 | 13:37 WIB

Gema Keadilan DIY Tolak Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

Rabu, 7 September 2022 | 19:38 WIB
X