• Kamis, 6 Oktober 2022

Kios Pasar Rakyat Jogja Gumregah Sudah Laku 90 Persen

- Jumat, 2 September 2022 | 10:37 WIB
Kios Pasar Rakyat Jogja Gumregah Sudah Laku 90 Persen (dok.Panitia/PojokMalioboro.com)
Kios Pasar Rakyat Jogja Gumregah Sudah Laku 90 Persen (dok.Panitia/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Animo masyarakat untuk berjualan di Pasar Rakyat Jogja Gumregah 2022 cukup tinggi. Pada hari pertama pendaftaran kios Kamis, 1 September 2022 sejak pukul 7 pagi sudah banyak pedagang yang memadati sekretariat panitia di Jl. KH. Ali Maksum Gang Melati lll No 087. Krapyak Kulon Panggungharjo Sewon Bantul. Ruang tunggu pendaftaran sampai tak muat sehingga calon pedagang meluber ke halaman.

Hingga jelas sore hari 90 persen stand sudah disewa para pedagang. Mereka berasal dari berbagai wilayah Kota Yogyakarta, Bantul dan Sleman serta luar daerah. Produk yang dijual beraneka ragam mulai dari kuliner, fashion, otomotif, kerajinan, kosmetik dan lainnya. Panitia masih menunggu peminat baru.

Pasar Rakyat Jogja Gumregah akan digelar sebulan penuh mulai 16 September hingga 16 Oktober 2022 di lahan eks kampus STIEKER di jalan Parangtritis Km 3 Salakan Bangunharjo Sewon Bantul. Event pasar rakyat dikonsep laiknya Pasar Malam Perayaan Sekaten yang dahulu rutin digelar di Alun-Alun Utara Yogyakarta.

Baca Juga: Cetak Sejarah Baru, Muktamar Fair dan Ekspo Inovasi Teknologi Muhammadiyah

Acara ini hasil kolaborasi Sekretariat Bersama Keistimewaan DIY, Altar Ria Production dan Pola Prakarya.

Ketua Harian  Pasar Rakyat Jogja Gumregah Inung Norzani, S.Sos mengatakan pihaknya berusaha memaksimalkan lahan yang ada agar dapat menampung banyak  kios. Berdasarkan lay out saat ini tersedia 203 kios. Jumlah ini masih ada kemungkinan bertambah.

"Berdasarkan pengalaman saya menggelar pasar malam, jumlah kios bisa saja bertambah jika nanti tenda-tenda sudah didirikan. Kemungkinan ada ruang-ruang kosong yang dapat dimanfaatkan untuk menampung pedagang yang belum kebagian tempat," terangnya.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Imbau Wajib Pajak Segera Bayar PBB

Panitia menyediakan kios dengan dua jenis tenda yakni tenda sanavil dan tenda standart berukuran 3 x 3 m dan 4 x 3 m. Tenda-tenda ini akan dibuat per blok dengan masing-masing blok berisi 6 kelompok tenda. Total ada 24 blok yang terkoneksi dengan akses jalan selebar 3 meter hingga 5 meter.

"Kami hanya menyediakan tenda saja, untuk perlengkapan lain seperti meja, kursi, partisi diupayakan sendiri oleh pedagang," jelasnya.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasdam XII/Tpr Ikuti Rakornis TMMD ke-115 TA 2022

Kamis, 29 September 2022 | 18:28 WIB

Penyaluran BLT BBM ke Masyarakat Harus Diawasi

Sabtu, 10 September 2022 | 13:37 WIB

Gema Keadilan DIY Tolak Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

Rabu, 7 September 2022 | 19:38 WIB
X