• Kamis, 6 Oktober 2022

FPKS DPRD Kota Yogyakarta Dukung Pembahasan Perda Pembangunan Kepemudaan

- Sabtu, 3 September 2022 | 12:51 WIB
FPKS DPRD Kota Yogyakarta Dukung Pembahasan Perda Pembangunan Kepemudaan (Tangkapan layar Instagram/PojokMalioboro.com)
FPKS DPRD Kota Yogyakarta Dukung Pembahasan Perda Pembangunan Kepemudaan (Tangkapan layar Instagram/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Yogyakarta mendukung pembahasan Peraturan Daerah (Perda) Pembangunan Kepemudaan. Hal itu dikatakan Anggota Pansus Perda Pembangunan Kepemudaan, Nurcahyo Nugroho.

Lebih lanjut disebutkan Nurcahyo, Perda Pembangunan Kepemudaan ini disusun dengan tujuan membangun Pemuda yang memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan dan, kepeloporan.

Anggota Komisi B DPRD Kota Yogyakarta ini juga menilai bahwa peran Pemuda dalam aspek pembangunan Daerah dapat berperan aktif sebagai, kekuatan moral, kontrol sosial, pelestari budaya, dan juga agen perubahan.

Baca Juga: Beri Ruang Kreatifitas, UTDI Gelar festival Band Bertajuk UTDI Band Fest Semarak Kreasi Generasi Digital

"Pemuda bertanggung jawab dalam pembangunan daerah untuk, menjaga Pancasila sebagai ideologi Negara, menjaga untuk tetap tegak dan utuhnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, memperkukuh persatuan dan kesatuan bangsa, melaksanakan konstitusi, demokrasi, dan tegaknya hukum, meningkatkan kecerdasan dan kesejahteraan Masyarakat, meningkatkan ketahanan budaya, meningkatkan daya saing dan kemandirian ekonomi bangsa, dan meningkatkan Kemitraan dan kerjasama antar pemuda maupun antar Organisasi Kepemudaan," papar Nurcahyo, Sabtu 3 September 2022.

Politisi muda PKS ini mengungkapkan, Pemerintah Daerah dalam Pembangunan Kepemudaan mempunyai tugas seperti, melaksanakan kebijakan nasional dan menetapkan kebijakan daerah yang berkaitan dengan kepemudaan, melaksanakan urusan pemerintahan bidang kepemudaan, dan mengkoordinasikan pelayanan kepemudaan.

"Pemerintah Daerah bertanggung jawab melaksanakan pelayanan kepemudaan berupa penyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan potensi Pemuda berdasarkan kewenangan dan tanggungjawab sesuai dengan karakteristik dan potensi daerah," kata Nurcahyo.

Baca Juga: Kios Pasar Rakyat Jogja Gumregah Sudah Laku 90 Persen

"Minimal meliputi menyusun kebijakan Pembangunan Kepemudaan yang selaras dengan kebijakan nasional, menetapkan rencana strategis Pembangunan Kepemudaan, menyusun rencana kerja pemerintah daerah, mengkordinasikan program Pembangunan Kepemudaan, melaksanakanPenyadaran, pemberdayaan, dan pengembangan potensi
Pemuda dan kepemudaan, dan melakukan pemberdayaan dan pengembangan Organisasi Kepemudaan," pungkas Nurcahyo. *

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari PojokMalioboro.com. Mari bergabung di Grup Telegram "News Room PojokMalioboro.com", caranya klik link https://t.me/newsroom_pojokmalioboro, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasdam XII/Tpr Ikuti Rakornis TMMD ke-115 TA 2022

Kamis, 29 September 2022 | 18:28 WIB

Penyaluran BLT BBM ke Masyarakat Harus Diawasi

Sabtu, 10 September 2022 | 13:37 WIB

Gema Keadilan DIY Tolak Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

Rabu, 7 September 2022 | 19:38 WIB
X