• Jumat, 9 Desember 2022

Respon Tanah Bergerak di Bogor, Muhammadiyah Rencanakan Program Tanggap Darurat

- Rabu, 28 September 2022 | 09:46 WIB
Respon Tanah Bergerak di Bogor, Muhammadiyah Rencanakan Program Tanggap Darurat (dok.MDMC PP Muhammadiyah/PojokMalioboro.com)
Respon Tanah Bergerak di Bogor, Muhammadiyah Rencanakan Program Tanggap Darurat (dok.MDMC PP Muhammadiyah/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Pergeseran tanah di Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor yang terjadi 14 September 2022 lalu berdampak cukup parah terhadap permukiman warga.

Tak kurang dari 268 KK dengan total 998 jiwa harus mengungsi karena rumah mereka sudah tidak bisa digunakan lagi.

Sebagian dari mereka terpaksa mengungsi ke posko pengungsian yang sudah disiapkan oleh BPBD Kabupaten Bogor dan ada juga yang ke rumah kerabat yang dirasa tempatnya aman.

Baca Juga: Permudah Layanan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital, Disdukcapil Sleman Jemput Bola

Pemerintah Kabupaten Bogor telah menetapkan masa tanggap darurat bencana tanah bergerak di Bojong Koneng sejak tanggal 15 September 2022 silam dan berlaku selama 2 pekan.

Menyikapi bencana tersebut, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Bogor menerjunkan relawan untuk membantu warga terdampak.

Sabtu 24 September 2022, relawan Muhammadiyah dari RS PKU Cilengsi dan RS PKU leuwiliang melaksanakan layanan kesehatan kepada warga terdampak di posko pengungsian BPBD Kabupaten Bogor di Kampung Curug.

Baca Juga: Bertemu Member DIY dan Jateng, Familia Indonesia ajak Membangun Personal Branding

Ketua MDMC Kabupaten Bogor, Reza Kurniawan mengatakan, pihaknya memberi layanan kesehatan gratis untuk warga penyintas dan para relawan dari BPBD maupun Tagana. "Ada 18 orang yang tadi kami layani," katanya.

Selain layanan kesehatan, MDMC Kabupaten Bogor dengan dukungan Lembaga Amal Zakat Infaq dan Shodaqoh (Lazismu) setempat juga memberi bantuan logistik kepada warga penyintas.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tugu Jogja Expo Bakal Digelar di Jalan Mangkubumi

Selasa, 22 November 2022 | 12:13 WIB

Charter Night Lions Club Yogyakarta Bhumi Mataram

Minggu, 20 November 2022 | 20:07 WIB
X