• Jumat, 9 Desember 2022

Ciptakan Kota Yogyakarta yang Estetik dengan Tertib Reklame

- Kamis, 29 September 2022 | 06:47 WIB
BPKAD dan Satpol PP Kota Yogyakarta saat menertibkan reklame pada salah satu ruas jalan di Kota Yogyakarta (dok.Humas Pemkot Yogyakarta/PojokMalioboro.com)
BPKAD dan Satpol PP Kota Yogyakarta saat menertibkan reklame pada salah satu ruas jalan di Kota Yogyakarta (dok.Humas Pemkot Yogyakarta/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Yogyakarta bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Yogyakarta mengadakan penertiban reklame di wilayah Kota Yogyakarta di sejumlah ruas jalan di Kota Yogyakarta pada Selasa, 27 September 2022.

Pada kegiatan ini dilakukan pengawasan dan update terkait rekomendasi dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan DIY. Dari hasil kegiatan ini ditemukan 62 reklame belum berizin, sehingga akan dilaksanakan penghentian fungsi sesuai mekanisme Peraturan Walikota tentang penyelenggaraan reklame.

Kepala Bidang Penegakan Peraturan Perundang-Undangan Satpol PP Kota Yogyakarta, Dodi Kurnianto menjelaskan, Satpol PP Kota Yogyakarta bergabung dengan tim pengawasan penyelenggaraan reklame Pemerintah Kota Yogyakarta, bertugas melakukan pengawasan dan penertiban reklame.   

Baca Juga: Respon Tanah Bergerak di Bogor, Muhammadiyah Rencanakan Program Tanggap Darurat

"Ada enam lokasi dengan 10 titik reklame di wilayah Kota Yogyakarta. Kegiatan penertiban merupakan tindak lanjut rekomendasi dari BPK RI Perwakilan DIY," ujar Dodi.

Penertiban reklame dilaksanakan berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 2 tahun 2015 tentang penyelenggaraan reklame dan Peraturan Walikota No 23 Tahun 2016 tentang petunjuk pelaksanaan Peraturan Daerah Kota Yogyakarta Nomor 2 tahun 2015 tentang penyelenggaraan Reklame.

Dodi menjelaskan, pada kegiatan penertiban ini dilaksanakan pemantauan lapangan dengan melihat surat-surat perijinan dan lokasi titik reklame.

Baca Juga: Permudah Layanan Aktivasi Identitas Kependudukan Digital, Disdukcapil Sleman Jemput Bola

"Jadi, kami melihat surat-suratnya sudah lengkap belum dan melihat titik pemasangan reklame sudah sesuai belum," terangnya.

Pada tahun 2022 dalam kurun waktu Januari – September secara non-yuridis telah menertibkan terhadap 3.257 reklame termasuk reklame yang bersifat insidentil.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tugu Jogja Expo Bakal Digelar di Jalan Mangkubumi

Selasa, 22 November 2022 | 12:13 WIB

Charter Night Lions Club Yogyakarta Bhumi Mataram

Minggu, 20 November 2022 | 20:07 WIB
X