• Jumat, 9 Desember 2022

Kemenag DIY Siap Roadshow Pengelolaan Moderasi Beragama di SMA-SMK Percontohan DIY

- Senin, 7 November 2022 | 07:18 WIB
Kemenag DIY Siap Roadshow Pengelolaan Moderasi Beragama di SMA-SMK Percontohan DIY (dok.Humas Kemenag DIY/PojokMalioboro.com)
Kemenag DIY Siap Roadshow Pengelolaan Moderasi Beragama di SMA-SMK Percontohan DIY (dok.Humas Kemenag DIY/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) DIY akan menggelar 'roadshow' Pengelolaan Moderasi Beragama di SMA-SMK Percontohan DIY. Kepala Kanwil Kemenag DIY, Dr. Masmin Afif menyampaikan, kegiatan ini untuk mensosialisasikan Moderasi Beragama terutama bagi siswa sekolah umum, yakni mengajak untuk memahami sekaligus mengamalkan ajaran agama secara adil dan seimbang, agar terhindar dari perilaku ekstrem atau berlebihan saat mengimplementasikannya.

"Kegiatan sosialisasi akan dimulai pada 9 November 2022 di SMAN 2 Wates, lalu 10 November 2022 di SMKN 1 Girimulyo Kulon Progo, lanjut 11 November 2022 di SMAN 10 Yogyakarta dan SMKN 7 Yogyakarta," terang Masmin, Minggu 6 November 2022.

Masmin menjelaskan, sosialisasi Pengelolaan Moderasi Beragama ini merupakan bagian Proyek Perubahan yang diusung dalam Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XXII Tahun 2022.

Baca Juga: Partai Gelora Berharap Kebijakan Second Home Visa Disosialisasikan Terlebih Dahulu

"Proyek Perubahan ini mengejawantahkan RPJMN 2020-2024 tentang Penguatan Moderasi Beragama yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 dan Perpres Nomor 83 Tahun 2015, tentang Kementerian Agama mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang agama untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara," jelas Masmin.

Proyek Perubahan ini juga telah didukung penuh jajaran Pemda DIY, Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) DIY dan Kabupaten/Kota, Kankemenag Kabupaten/Kota dan Kepala Sekolah SMA/SMK Percontohan.

"Harapannya sejalan dengan Perda Nomor 1 Tahun 2022 tentang Sinau Pancasila dan Sinau Bhinneka Tunggal Ika," imbuhnya.

Baca Juga: IFSOC: RUU PPSK Harus Menjaga Kepercayaan Publik Terhadap Sektor Keuangan

Pihaknya juga memiliki tekad agar Proyek Perubahan ini nantinya dapat direplikasi ke seluruh wilayah di Indonesia. Selain roadshow ke SMA-SMK Percontohan, pentahapan (milestone) Proyek Perubahan ini akan berlanjut jangka menengah yakni Desember 2022 hingga Juni 2023 dan jangka panjang yang akan dimulai Juli 2023-Juli 2024. *

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari PojokMalioboro.com. Mari bergabung di Grup Telegram "News Room PojokMalioboro.com", caranya klik link https://t.me/newsroom_pojokmalioboro, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Halaman:

Editor: Affan Safani Adham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tugu Jogja Expo Bakal Digelar di Jalan Mangkubumi

Selasa, 22 November 2022 | 12:13 WIB

Charter Night Lions Club Yogyakarta Bhumi Mataram

Minggu, 20 November 2022 | 20:07 WIB
X