• Jumat, 9 Desember 2022

Mudahkan Kendaraan Gawat Darurat Melintas Cepat, Dishub Kota Yogyakarta Launching Sistem Priority Vehicle

- Rabu, 9 November 2022 | 11:27 WIB
Mudahkan Kendaraan Gawat Darurat Melintas Cepat, Dishub Kota Yogyakarta Launching Sistem Priority Vehicle (dok.Humas Pemkot Yogyakarta/PojokMalioboro.com)
Mudahkan Kendaraan Gawat Darurat Melintas Cepat, Dishub Kota Yogyakarta Launching Sistem Priority Vehicle (dok.Humas Pemkot Yogyakarta/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Yogyakarta hari Selasa 8 November 2022, melaunching sistem Priority Vehicle 'Kendaraan Gawat Darurat Cepat, Masyarakat Selamat' di Ruang Yudhistira Balaikota Yogyakarta.

Sistem ini diharapkan dapat memberikan kemudahan dalam memberikan akses jalan bagi kendaraan gawat darurat seperti ambulans dan pemadam kebakaran.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Yogyakarta, Agus Arif mengatakan, sistem Priority Vehicle ini sebuah sistem prioritas kendaraan yang terdiri dari rangkaian perangkat atau alat yang ditempatkan di kendaraan, dan di simpan pada komponen Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas (APILL) yang secara otomatis APILL akan memberikan respon cepat terhadap prioritas pada kendaraan ketika melewati simpang. 

Baca Juga: Mendag Ingatkan Kerja Sama Adalah Kunci Penting dalam Menghadapi Ancaman Resesi

Dengan menggunakan alat Priority Vehicle, kendaraan kegawatdaruratan ketika akan melewati simpang maka APILL akan berubah menjadi nyala hijau, sehingga kendaraan kegawatdaruratan dapat melaju tanpa hambatan.

Sebaliknya jika ada kendaraan kegawatdaruratan seperti ambulan dan pemadam kebakaran secara otomatis sistem ini akan memberikan simbol dalam jarak 300-350 meter prioritas lampu akan merah. Sehingga kendaraan kegawatdaruratan tidak harus antri dan tidak menyebabkan kemacetan saat melintas.

Dalam hal ini Dishub Kota Yogyakarta sudah memasang dan melakukan uji coba sistem Priority Vehicle di simpang Wirobrajan. "Ini akan terus kita kembangkan di seluruh APILL di Kota Yogyakarta terutama di titik-titik mana saja yang sering terjadi kemacetan, sehingga layanan kegawatdaruratan akan semakin baik," ujar Agus.

Baca Juga: Masuki Tahun Politik, Presiden Jokowi Minta Parpol Jaga Persaingan secara Sehat

Agus mengatakan, dengan normalisasi simpang, diharapkan hambatan lalu lintas dapat diminimalkan agar lebih lancar termasuk dalam hal ini kendaraan kegawatdaruratan.

"Untuk membuat sistem Priority Vehicle ini nilai investasi yang dikeluarkan dalam pembuatan satu alat yang dipakai di simpang dan di mobil ini senilai Rp 20 juta," jelasnya.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tugu Jogja Expo Bakal Digelar di Jalan Mangkubumi

Selasa, 22 November 2022 | 12:13 WIB

Charter Night Lions Club Yogyakarta Bhumi Mataram

Minggu, 20 November 2022 | 20:07 WIB
X