• Jumat, 9 Desember 2022

BPBD Kota Yogyakarta Imbau Masyarakat Waspada Bencana Hidrometrologi

- Selasa, 15 November 2022 | 10:17 WIB
BPBD Kota Yogyakarta memotong pohon-pohon tumbang saat hujan angin melanda (dok.BPBD Kota Yogyakarta/PojokMalioboro.com)
BPBD Kota Yogyakarta memotong pohon-pohon tumbang saat hujan angin melanda (dok.BPBD Kota Yogyakarta/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengajak masyarakat waspada bencana Hidrometeorologi. Hidrometeorologi adalah cabang ilmu dari meteorologi yang mempelajari siklus air, curah hujan, iklim dan cuaca.

Harapannya dengan perubahan kondisi cuaca saat ini masyarakat selalu waspada, peka terhadap lingkungan, dan selalu memantau informasi cuaca baik itu dari website resmi BMKG ataupun BPBD Kota Yogyakarta.

Beberapa bencana Hidrometeorologi antara lain curah hujan ekstrem, angin kencang, puting beliung, banjir, serta kekeringan.

Koordinator Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana BPBD Kota Yogyakarta, Suyatman, berharap masyarakat dapat membantu pemerintah dalam penanggulangan bencana yang dapat dilihat dari sejauh mana kemampuan dan kesiapan dari pegiat kebencanaan dalam menghadapi potensi bencana yang ada di wilayahnya masing-masing.

Baca Juga: Diklaim sebagai Ormas Kedua, FKM Bakal Deklarasikan Anies Baswedan Calon Presiden di Yogyakarta

"Hampir semua bencana yang telah terjadi di Indonesia pada tahun 2022 adalah bencana Hidrometeorologi basah seperti banjir dan tanah longsor," jelas Suyatman, Senin 14 November 2022.

Ia mengatakan, prediksi dari BMKG puncak hujan akan berlangsung hingga di bulan Desember dan Januari mendatang.

''Mudah-mudahan dengan adanya pencegahan yang disadari oleh masyarakat ini, semua yang terkait penanggulangan bencana di pusat dan daerah sudah siap segala sesuatunya baik dari segi personil, peralatan dan ketika tahap tanggap darurat, betul-betul bisa masuk ke sasaran," ujarnya.

Baca Juga: Cara Melakukan Pengkinian Data Nakes secara Mandiri Lewat Web

Suyatman mengungkapkan, untuk wilayah Kota Yogyakarta masih relatif aman namun tetap dibutuhkan kewaspadaan jika terjadi bencana.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tugu Jogja Expo Bakal Digelar di Jalan Mangkubumi

Selasa, 22 November 2022 | 12:13 WIB

Charter Night Lions Club Yogyakarta Bhumi Mataram

Minggu, 20 November 2022 | 20:07 WIB
X