• Jumat, 9 Desember 2022

Hadapi Libur Akhir Tahun, Pemkot Yogyakarta Siagakan Kembali Satgas Covid-19

- Kamis, 17 November 2022 | 12:00 WIB
Penampakan Jalan Malioboro yang masih didominasi kendaraan plat luar, Senin (9/5/2022), foto diambil pukul 12:03 WIB  (Putri Susanti/PojokMalioboro.com)
Penampakan Jalan Malioboro yang masih didominasi kendaraan plat luar, Senin (9/5/2022), foto diambil pukul 12:03 WIB (Putri Susanti/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menyiapkan antisipasi potensi penularan Covid-19, terutama menghadapi libur akhir tahun.

Mengingat Kota Yogyakarta sebagai kota pariwisata dipastikan jumlah kunjungan wisatawan akan meningkat saat libur akhir tahun. Antisipasi mulai dari menerjunkan petugas untuk mengingatkan penerapan protokol kesehatan sampai penyiapan rumah sakit.

Penjabat Walikota Yogyakarta, Sumadi menyampaikan, pada September 2022 jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta mencapai sekitar 5,1 juta dan jumlah itu melebihi dari target sekitar 2 juta.

Baca Juga: Jadwal Job Fair 2022, Pemkot Yogyakarta Sediakan 3914 Lowongan Pekerjaan

Pihaknya memperkirakan sampai akhir tahun 2022 jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Yogyakarta bisa mencapai hampir 7 juta.

"Terhadap itu (kunjungan wisatawan) kami tidak boleh menolak, tapi bagaimana dari awal kita antisipasi," ujar Sumadi saat Peringatan Hari Kesehatan Nasional di Balai Kota Yogyakarta, beberapa hari lalu.

Sumadi menyatakan, akan melibatkan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) untuk mengingatkan masyarakat agar menjalankan protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah potensi penularan Covid-19. Terutama di tempat-tempat wisatawan berkumpul di Kota Yogyakarta.

Baca Juga: Resmi Ditutup, Ini Hasil Presidensi G20

Termasuk menyediakan masker saat operasi protokol kesehatan (prokes) karena terkadang sebagian masyarakat beralasan lupa tidak membawa masker.

"Soal Covid-19 menjadi tugas kita bersama. Kami ingatkan kepada masyarakat yang datang untuk prokes harus selalu dijaga. Maka kami juga mengadakan operasi-operasi prokes terutama di tempat- tempat wisatawan berkumpul," jelasnya.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tugu Jogja Expo Bakal Digelar di Jalan Mangkubumi

Selasa, 22 November 2022 | 12:13 WIB

Charter Night Lions Club Yogyakarta Bhumi Mataram

Minggu, 20 November 2022 | 20:07 WIB
X