• Jumat, 9 Desember 2022

Kalurahan Inovatif, Dorong Peningkatan Layanan Masyarakat

- Senin, 21 November 2022 | 16:39 WIB
Bupati Sleman di Kalurahan Margokaton. (Foto Humas Sleman)
Bupati Sleman di Kalurahan Margokaton. (Foto Humas Sleman)

POJOKMALIOBORO.com – Bupati Sleman, Hj Kustini Sri Purnomo, menghadiri Evaluasi Kalurahan Inovatif di Kalurahan Margokaton, Kapanewon Seyegan, Kabupaten Sleman, Senin (21/11/2022).

Kegiatan tersebut merupakan salah satu langkah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sleman untuk memfasilitasi munculnya berbagai inovasi dari seluruh kalurahan di Kabupaten Sleman.

Bupati Sleman didampinginya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan, Samsul Bakri, menyimak paparan Lurah Margokaton, Anggit Bimanyu, terkait inovasi yang telah diluncurkan.

Baca Juga: Gempa Cianjur, Muhammadiyah Gerakkan Tim Medis dari Bandung dan Jakarta

Anggit mejelaskan, saat ini Kalurahan Margokaton telah menerapkan sistem informasi pelayanan masyarakat berbasis digital. "Pelayanan berbasis digital dapat mempercepat dan mempermudah layanan kepada masyarakat yang tidak memiliki waktu lebih untuk hadir langsung ke kantor kalurahan, terutama dalam mengurus keperluan surat menyurat," kata Anggit.

Dengan demikian, masyarakat kini dapat mengakses layanan tersebut melalui situs simdes.margokaton.id. Kemudian, masyarakat hanya tinggal mengambil dokumen fisik di kantor kalurahan.

Pada layanan berbasis IT tersebut, warga bisa mendapatkan surat keterangan penghasilan, surat izin keramaian, surat keterangan domisili, surat pengantar SKCK, surat keterangan usaha, surat keterangan pranikah dan akta kelahiran serta akta kematian.

Baca Juga: Kalurahan Inovatif, Dorong Peningkatan Layanan Masyarakat

Untuk mempermudah warga dalam mengakses situs tersebut, Pemerintah Kalurahan Margokaton juga telah melakukan sosialisasi dan edukasi melalui film pendek.

Halaman:

Editor: Affan Safani Adham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Tugu Jogja Expo Bakal Digelar di Jalan Mangkubumi

Selasa, 22 November 2022 | 12:13 WIB

Charter Night Lions Club Yogyakarta Bhumi Mataram

Minggu, 20 November 2022 | 20:07 WIB
X