Kopimekers Expo 2022 Pertemukan Pelaku UMKM di Galeria Mall pada 1 Desember

- Senin, 28 November 2022 | 17:34 WIB
Kopimekers Expo 2022 Pertemukan Pelaku UMKM di Galeria Mall pada 1 Desember (Ibrahim Umar/PojokMalioboro.com)
Kopimekers Expo 2022 Pertemukan Pelaku UMKM di Galeria Mall pada 1 Desember (Ibrahim Umar/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Kopimekers lahir sebagai wadah untuk berdialog dan berdiskusi tentang berbagai isu dan topik yang menarik seperti pasar expor, prediksi ekonomi, desain produk, fotografi, fashion, kuliner, dan lain-lain bagi para pelaku usaha dan anggota yang tergabung dalam Forum Mebel Kerajinan dan Seni (Formekers) Indonesia yang dilakukan di tempat santai seperti resto, cafe, hotel, sambil menikmati secangkir kopi panas.

Dikatakan Ketua Koperasi Formekers Kriya Utama, Alex Kurniawan, Kopimekers Expo 2022 menjadi istilah adaptasi kerjasama antara Dinas Koperasi dan UKM DIY bersama Formekers Indonesia dalam penyelenggaraan event pameran yang berisi produk unggulan anggota Formekers melalui Koperasi Pemasaran Formekers Kriya Utama.

"Kopimekers Expo 2022 ini adalah sebuah mandat yang diberikan kepada Formekers Indonesia oleh Dinas Koperasi dan UKM DIY bersama programnya SiBakul Jogja yang merupakan bentuk digitalisasi model pembinaan Sirkular Dinkop UKM DIY bagi pelaku Koperasi dan UMKM di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk menyelenggarakan pameran atau event yang mengandung visi dan misi Dinas Koperasi dan nilai-nilai yang dimiliki Formekers sebagai sekumpulan pengusaha yang berskala global," ujarnya, Senin 28 November 2022 ketika jumpa wartawan.

Baca Juga: Rayakan Ultah ke 11, Merkids Barata bagikan Sembako dan Galang Dana buat Korban Gempa Bumi Cianjur

Sebagai sebuah mandat yang didalamnya mengandung pesan tertentu, pameran ini menjadi bukan sekedar pameran biasa melainkan pameran yang harus mampu mencerminkan sekaligus menyebarluaskan nilai-nilai yang dimiliki para pelaku terkait dengan harapan memberikan inspirasi dan motivasi kepada publik tentang bagaimana membangun sebuah bisnis mebel, kerajinan, dan seni yang berkelanjutan.

"Dengan demikian, sebagaimana dikatakan sebelumnya, Kopimekers Expo 2022 bukan sekedar pameran biasa, melainkan adalah sebuah edukasi yang dibalut dalam sebuah eksibisi bisnis," tambahnya.

Ketua Bidang Kreatif Formekers, Itock Van Diera menyebut, terdapat 4 nilai yang diusung dalam Kopimekers Expo 2022 yaitu, kerjasama coops, manajemen yang baik, persistensi dan inovasi bisnis, dan kolaborasi berkelanjutan.

Baca Juga: Talk Show #SuperSp3ktaDay dari Super You by Sequis Online, Resesi Global: Kesempatan atau Ancaman?

"Lebih dari sekedar transaksi bisnis, pameran ini diharapkan akan semakin mendorong dan membangun semangat dan kapasitas, baik dari pelaku pameran itu sendiri maupun kepada publik secara lebih luas, terutama kepada para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM)," katanya.

Kopimekers Expo 2022 adalah sebuah event kerjasama atau kolaborasi berbagai pihak yang saling mendukung agar atmosfir dan substansi pameran dapat tersampaikan dengan baik.

"Dikemas secara lebih populer (ringan, santai, gembira) tanpa kehilangan esensi dan keseriusannya," ucapnya.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Haruskah Pemerintah Merevisi PP 109 Tahun 2012?

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:47 WIB

Resmikan Bank Sleman Syariah, Begini Harapan Kustini

Kamis, 12 Januari 2023 | 08:33 WIB
X