Buka Rakorwasda Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia, Bupati Sleman Ingatkan Ini

- Rabu, 7 Desember 2022 | 08:26 WIB
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat memberikan sambutan di Rakorwasda dalam rangka Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (dok.Humas Pemkab Sleman/PojokMalioboro.com)
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo saat memberikan sambutan di Rakorwasda dalam rangka Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (dok.Humas Pemkab Sleman/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo membuka sekaligus memberikan arahan dalam acara Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah dalam rangka Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia, Selasa 6 Desember 2022 di Meeting Room Hotel Atrium, Mlati, Sleman.

Dalam sambutannya, Kustini menjelaskan, bahwa koordinasi diperlukan dalam membangun sistem pemerintahan yang bebas dari praktek-praktek korupsi. Melalui koordinasi, menurutnya dapat menjadi langkah strategis dalam pencegahan korupsi khususnya di tingkat Kalurahan.

"Rapat koordinasi ini menjadi kesempatan tepat bagi perangkat Kalurahan dalam menyamakan persepsi terkait pengelolaan keuangan," ujarnya.

Baca Juga: Sinergi dan Kolaborasi Antar BUMN dan Startup dalam Nex-BE Fest 2022

Lebih lanjut, Kustini juga mengingatkan bahwa perangkat desa adalah garda terdepan dalam pencegahan korupsi terutama dalam pengelolaan dana desa. Ia mengingatkan pentingnya transparansi, tertib administrasi serta akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan.

"Saya berharap untuk setiap Kalurahan dalam mengelola dana desa dilakukan secara transparan sehingga setiap aliran dana di desa dapat optimal dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Inspektorat Kabupaten Sleman, Hery Dwi Kuryanto dalam laporannya menjelaskan, inspektorat selaku aparat pengawas internal pemerintah senantiasa melakukan pendampingan yang dilakukan melalui kegiatan pengawasan.

Baca Juga: Semakin Mengglobal, Pemain NBA Justin Holiday Kenakan Batik Indonesia

"Pendampingan melalui kegiatan pengawasan ini kami harap dapat mewujudkan keuangan desa yang transparan dan akuntabel," ujarnya.

Rakorwasda ini mengusung tema pokok evaluasi atas tindak lanjut Kalurahan terhadap laporan hasil pemeriksaan yang dilakukan Inspektorat Kabupaten Sleman. Evaluasi tersebut perlu dilakukan untuk mendapatkan potret atas kondisi masing-masing Kalurahan dalam pengelolaan penyelenggaraan pemerintahan dan memetakan potensi resiko.

Halaman:

Editor: Affan Safani Adham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Haruskah Pemerintah Merevisi PP 109 Tahun 2012?

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:47 WIB

Resmikan Bank Sleman Syariah, Begini Harapan Kustini

Kamis, 12 Januari 2023 | 08:33 WIB
X