Warga Jogja Bebas Rayakan Tahun Baru, Asal Patuhi Aturan Sultan HB X

- Rabu, 28 Desember 2022 | 16:02 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (Putri Susanti/PojokMalioboro.com)
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (Putri Susanti/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, mengaku tidak bisa melarang masyarakat yang akan merayakan malam pergantian tahun di Yogyakarta, mengingat situasi kasus Covid-19 saat ini sudah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Namun, sultan HB X meminta agar masyarakat tetap waspada dan mentaati protokol Kesehatan. Karena kondisi yang nyaris normal seperti saat ini sangat berbeda dengan normal seperti sebelum pandemi Covid-19.

Oleh karena itu Raja Ngayogyakarta Hadiningrat ini menghimbau agar masyarakat yang berkumpul merayakan malam pergantian tahun sebaiknya tetap memakai masker.

Baca Juga: Rayakan Ultah ke 30 LCYPM Menggelar Baksos Childhood Cancer dan Bagikan Beasiswa

“Konsekuensi berkumpul untuk melepas masker itu tidak bisa seperti (saat normal sebelum pandemi) dulu, bagaimana pun harus memakai masker, atau khususnya bagi anak muda," ujar Sultan, Rabu 28 Desember 2022.

sultan HB X sendiri berharap kasus Covid-19 ke depan terus melandai. Kondisi ini sangat tergantung dengan masyarakat untuk tetap menjaga dengan meningkatkan kesadaran dalam menaati protokol kesehatan. Meski kasus saat ini menurun namun masyarakat diminta tetap waspada.

“Sehingga bagaimana kita hati-hati saja. Kita hati-hati dalam arti kalau tetap berkumpul masker di pakai, kalau di mobil mau dicopot, silahkan itu mobilnya sendiri, paling hanya nulari keluarga sendiri yang ada di dalam mobil misalnya, bukan orang lain. Semoga sepekan ini turun terus semoga kondisinya lebih baik,” kata Sultan.

Baca Juga: Akselerasi Transformasi Digital Berbasis Cloud, TelkomSigma Jalin Kerjasama dengan Avanade

Terkait perayaan malam pergantian tahun, sultan HB X meminta kepada semua pihak agar mengupayakan gelaran di banyak lokasi di DIY. Tujuannya untuk memecah adanya kerumunan berlebihan.

“Itu (yang menggelar event) biasanya di hotel saja mungkin dari dinas kota mungkin ada. Saya minta disebar (event pergantian tahun) jangan hanya di satu tempat tetapi dipecah sehingga penonton itu terpecah, jangan menumpuk di satu tempat,” kata Sultan. *

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari PojokMalioboro.com. Mari bergabung di Grup Telegram "News Room PojokMalioboro.com", caranya klik link https://t.me/newsroom_pojokmalioboro, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kota Magelang Diguyur Hujan Abu Lebat, Hati-hati!

Sabtu, 11 Maret 2023 | 15:37 WIB

Pemeriksaan BPK Dorong Makin Akuntabel dan Transparan

Selasa, 28 Februari 2023 | 09:39 WIB
X