Status PPKM Resmi Dicabut, Ini Kebijakan Pemda DIY

- Jumat, 30 Desember 2022 | 16:54 WIB
Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji (dok.Humas Pemda DIY/PojokMalioboro.com)
Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji (dok.Humas Pemda DIY/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Pemerintah pusat resmi mencabut status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Hal itu langsung disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian hari ini, Jumat 30 Desember 2022.

Menanggapi hal tersebut Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui Sekretaris Daerah (Sekda) DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengakui, pihaknya akan segera menggodok regulasi terkait penerapan protokol kesehatan (Prokes) di level daerah.

"Kondisi masing-masing daerah berbeda. Kalau kemudian diatur secara nasional, daerah boleg saja membuat regulasi," ujar Baskara Aji, Jumat 30 Desember 2022.

Baca Juga: Kebijakan PPKM Dicabut, Jokowi Minta Masyarakat Tetap Pakai Masker dan Vaksin

Menurutnya, penegakan protokol kesehatan harus tetap menjadi keutamaan, meski pemerintah telah menghentikan PPKM. Sebab menurut Baskara Aji, hal itu salah satu cara untuk meminimalisir penularan Covid-19.

"Selain itu, penularan Covid-19 juga belum sepenuhnya hilang, meski PPKM ditiadakan," kata Baskara Aji.

"Jadi kita sudah berkomitmen walaupun sudah tidak PPKM lagi, kita akan tetap tegakan prokes. Kita akan tetap minta masyarakat menjaga prokes," imbuhnya.

Baca Juga: Partai Gelora Kritik Keras Pernyataan Ketua KPU RI soal Sistem Proporsional Tertutup pada Pemilu 2024

Baskara Aji mencontohkan, regulasi tersebut misalnya mewajibkan destinasi wisata maupun tempat publik lainnya untuk menyediakan sabun cuci tangan dan hand sanitizer.

"Harus disediakan seperti hand sanitizer, sabun cuci tangan. Orang disuatu tempat juga kita batasi jumlahnya, walaupun PPKM sudah tidak ada," kata Baskara Aji.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Haruskah Pemerintah Merevisi PP 109 Tahun 2012?

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:47 WIB
X