Pemkot Yogyakarta Beri Afirmasi Eks Pedagang Jalan Perwakilan di Pasar Klithikan Pakuncen

- Minggu, 15 Januari 2023 | 10:04 WIB
Kondisi Jalan Perwakilan Yogyakarta yang sudah dipagari dan ditempel larangan beraktivitas (Putri Susanti/PojokMalioboro.com)
Kondisi Jalan Perwakilan Yogyakarta yang sudah dipagari dan ditempel larangan beraktivitas (Putri Susanti/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta memberikan kebijakan afirmasi kepada eks para pedagang di Jalan Perwakilan untuk berjualan di Pasar Klithikan Pakuncen. Kebijakan itu sebagai bentuk empati Pemkot Yogyakarta kepada para pedagang yang sudah tidak boleh beraktivitas di Jalan Perwakilan sisi utara, mengingat tempat itu akan dibangun Jogja Planning Gallery (JPG) oleh Pemda DIY.

"Kami memberikan kebijakan afirmasi. Jadi mereka kita berikan afirmasi dalam bentuk potensi menjadi pedagang di Pasar Klithikan Pakuncen," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkot Yogyakarta Aman Yuriadijaya, Jumat 13 Januari 2023

Aman menyebut, total ada sekitar 17 pelaku yang semula di Jalan Perwakilan yang akan diberikan afirmasi untuk berpotensi menjadi pedagang di Pasar Klithikan Pakuncen.  

Baca Juga: Kini Padukuhan Ngringin Condongcatur Miliki RTH dan Taman Ramah Anak

Seminggu lagi para pedagang itu diberikan kesempatan untuk memanfaatkan usulan afirmasi tersebut. Para pedagang eks Jalan Perwakilan juga sudah meninjau lokasi di Pasar Klithikan Pakuncen dan berminat.

''Semua sudah melihat Pasar Klithikan dan diberikan penjelasan. Secara prinsip sudah berminat tapi proses administrasinya sedang berjalan,'' ujarnya.

Sekda Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya (dok.Humas Pemkot Yogyakarta/PojokMalioboro.com)
Pemilihan Pasar Klithikan Pakuncen itu juga mempertimbangkan potensi dan perkembangan di Jalan Hos Cokroaminoto. Aman menyatakan, Pemkot Yogyakarta ingin membenahi Pasar Klithikan Pakuncen.

Baca Juga: Pojok Diskusi PKS: Darurat Sampah Kota Jogja dan Upaya Penyelesaiannya

Diakuinya saat ini kondisi pasar itu agak sepi. Namun menurutnya Pasar Klithikan Pakuncen adalah pasar premium karena berada pada kawasan tumbuh kembang cepat sehingga memiliki prospek berkembang.

''Jalan Hos Cokroaminoto sekarang bertumbuh menjadi kawasan kuliner yang saya kira prospek ke depan semakin berkembang. Apalagi teman-teman (pedagang) Jalan Perwakilan, mayoritas basisnya kuliner. Jadi ini sebetulnya menurut pandangan kami, punya keterhubungan afirmasi kami dengan apa yang mereka lakukan selama ini,'' jelas Aman.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Haruskah Pemerintah Merevisi PP 109 Tahun 2012?

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:47 WIB
X