Pemkot Yogyakarta Akan Fungsikan Rusunawa Tower I Bener

- Selasa, 24 Januari 2023 | 10:03 WIB
Rusunawa Bener Tegalrejo, Yogyakarta (dok.Humas Pemkot Yogyakarta/PojokMalioboro.com)
Rusunawa Bener Tegalrejo, Yogyakarta (dok.Humas Pemkot Yogyakarta/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta akan memfungsikan bangunan rumah susun sewa (rusunawa) tower 1 di Bener, Tegalrejo untuk hunian masyarakat. Setelah dibangun, rusunawa tower I difungsikan untuk shelter isolasi terpusat Covid-19 di Kota Yogyakarta sejak September 2020. Dengan mempertimbangkan kondisi kasus Covid-19 yang landai, Rusunawa tower I Bener akan difungsikan sebagai hunian.

''Kita berkecenderungan untuk mengembalikan tower satu Rusunawa Bener pada kepentingan hunian. Artinya  kepentingan kedaruratan Covid-19 bisa diakhiri di tower satu,'' kata Sekretaris Daerah Pemkot Yogyakarta, Aman Yuriadijaya, usai koordinasi dan meninjau rusunawa Bener beberapa waktu lalu.

Menurutnya, berdasarkan laporan Dinas Kesehatan, perkembangan kondisi Covid-19 relatif landai dan cenderung menurun. Jika terjadi kondisi darurat Covid-19, rumah sakit di Kota Yogyakarta akan melakukan perubahan secara proporsional untuk kepentingan kedaruratan. Disamping itu akan disiapkan strategi isolasi mandiri dengan berbagai metode ke wilayah.

Baca Juga: Lirik Lagu Manusia Putus Asa, Single Terbaru Ayuenstar

Berdasarkan laporan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, shelter rusunawa terakhir digunakan untuk isolasi Covid-19 sebanyak 1 pasien pada pertengahan Desember 2022. Sebelumnya shelter menerima isolasi pasien di Agustus 2022. Pada  September sampai November 2022 tidak ada pasien Covid-19 yang masuk shelter.

''Tower dua Rusunawa Bener yang berdampingan dengan tower satu sudah difungsikan untuk hunian. Artinya kepentingan awal dari pembangunan ini sudah ditindaklanjuti,'' imbuhnya.

Aman menegaskan, secara formal keputusan memfungsikan rusunawa tower I di Bener sebagai hunian ada di penjabat walikota. Untuk itu pihaknya akan mengusulkan ke penjabat walikota bahwa kepentingan kedaruratan di tower 1 Rusunawa Bener bisa diakhiri.

Baca Juga: Ganjar Rayakan Ulang Tahun Megawati Bareng Ibu Hamil dan Menyusui untuk Entaskan Stunting

''Mudah-mudah akhir bulan Januari ini sudah ada keputusan resmi. Sehingga bulan Februari sudah ada persiapan-persiapan untuk memfungsikan kepentingan hunian di rusunawa tower satu,'' tutur Aman.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (PUPKP) Kota Yogyakarta, Hari Setyowacono mengatakan berkaitan dengan difungsikan tower I rusunawa Bener sebagai hunian, maka PUPKP akan melakukan pengecekan kondisi bangunan.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Haruskah Pemerintah Merevisi PP 109 Tahun 2012?

Kamis, 19 Januari 2023 | 12:47 WIB

Resmikan Bank Sleman Syariah, Begini Harapan Kustini

Kamis, 12 Januari 2023 | 08:33 WIB
X