Ekonomi RI Kini Terancam, Pemerintah akan Perkuat Pondasi Ekonomi agar Tidak Terdampak Lebih Parah

- Kamis, 18 November 2021 | 08:14 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati  (Setkab.go.id)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (Setkab.go.id)

POJOKMALIOBORO.com - Sederet persoalan selain varian baru dari Covid-19 menjadi ancaman serius bagi Indonesia. Bila tidak diantisipasi dengan baik, maka perekonomian nasional akan terkena dampak yang cukup berat.

Hal ini diungkapkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai menyampaikan hasil sidang kabinet paripurna yang dipimpin Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu 17 November 2021.

"Kita paham ada tantangan yang kita waspadai," ujar Sri Mulyani.

Baca Juga: Pinjaman Online Resmi OJK Terus Berkurang, Ada Apa?

Beberapa negara, seperti Amerika Serikat (AS), China, Eropa, Meksiko dan Korea Selatan alami kenaikan harga di tingkat produsen sehingga menyebab inflasi tinggi. Indonesia juga alami kenaikan, meskipun tidak signifikan.

"Untuk Indonesia harga di produsen mengalami kenaikan 7,3%. Kalau di Eropa kenaikan 16,3%, China 13,5%, dan di AS 8,6%, Korea Selatan 7,5%,": jelasnya. Dari inflasi tingkat produsen ini bisa merambat ke konsumen, sehingga bisa menggerus daya beli.

Inflasi tinggi bisa kemudian memicu negara-negara tersebut menaikkan suku bunga acuan. Teranyar memang akan dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) yang memicu gejolak di pasar keuangan global maupun dalam negeri.

Baca Juga: Pemerintah Akan Terapkan PPKM Level 3 untuk Seluruh Wilayah Indonesia pada 24 Desember-2 Januari

Belajar dari kejadian 2013 silam yang dikenal dengan nama taper tantrum, kebijakan AS tersebut akan mendorong aliran dana keluar dari negara berkembang kembali menuju AS yang dianggap sebagai tempat yang paling aman. Efeknya akan ada pelemahan dari nilai tukar mata uang.

"Ini berpotensi menimbulkan kepada ancaman terhadap stabilitas sistem keuangan. Indonesia harus berhati-hati terhadap dinamika global dari potensi tapering off ini," terang Sri Mulyani.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hadapi Perekonomian Tahun 2023, Begini Kata Menkeu

Rabu, 18 Januari 2023 | 07:40 WIB

Soda Pos Hadir Membantu UMKM Naik Kelas

Sabtu, 10 Desember 2022 | 09:27 WIB
X