Gubernur BI Waspadai 5 Tantangan Baru yang Muncul dalam Ekonomi Global RI, dari Kripto sampai Sistem Keuangan

- Rabu, 24 November 2021 | 20:50 WIB
Gubernur BI Perry Warjiyo Menyatakan Masih ada Ruang untuk Penurunan Suku Bunga Dasar Kredit. (Media Magelang - Pikiran Rakyat)
Gubernur BI Perry Warjiyo Menyatakan Masih ada Ruang untuk Penurunan Suku Bunga Dasar Kredit. (Media Magelang - Pikiran Rakyat)

POJOKMALIOBORO.com - Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mewaspadai lima tantangan baru yang muncul dalam ekonomi global termasuk Indonesia.

Tantangan tersebut muncul seiring pemulihan ekonomi global tahun 2022 karena meredanya pandemi Covid-19 dan dibukanya kembali sektor ekonomi di negara maju maupun negara berkembang.

"Dua puluh satu bulan kita melawan Covid-19 dan Alhamdulilah Indonesia bertahan dan kini bangkit, dengan sinergi dan inovasi stabilitas terjaga dan perbaikan ekonomi berlangsung. Namun muncul 5 permasalahan baru yang perlu dicermati," kata Perry dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia, Rabu 24 November 2021.

Baca Juga: Begini Aturan Masuk Mal dan Tempat Wisata Saat PPKM Level 3 Diakhir Tahun

Adapun lima masalah tersebut, normalisasi kebijakan di negara maju dan ketidakpastian pasar keuangan global, dampak pandemi pada korporasi dan sistem keuangan, serta meluasnya sistem pembayaran digital antar negara dan risiko aset kripto.

Kemudian, tuntutan ekonomi keuangan hijau, serta melebarnya kesenjangan sehingga perlu inklusi ekonomi.

"Kelima permasalahan global ini akan menjadi agenda prioritas presidensi Indonesia G20 Tahun 2022," ucap Perry.

Baca Juga: Tuyul Tidak Bisa Curi Uang di ATM, Ini Penjelasannya

Kendati ada tantangan, Perry meyakini ekonomi Indonesia akan pulih pada tahun 2022 dengan proyeksi pertumbuhan mencapai 4,7 persen sampai 5,5 persen pada tahun 2022.

Untuk tahun ini, ekonomi tumbuh 3,4 persen - 4 persen. Tapi syaratnya, vaksinasi dan pembukaan sektor ekonomi harus terus berjalan.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hadapi Perekonomian Tahun 2023, Begini Kata Menkeu

Rabu, 18 Januari 2023 | 07:40 WIB

Soda Pos Hadir Membantu UMKM Naik Kelas

Sabtu, 10 Desember 2022 | 09:27 WIB
X