Ini Cara Cek BI Checking secara Online Lewat HP di SLIK OJK

- Kamis, 31 Maret 2022 | 07:37 WIB
Ini Cara Cek BI Checking secara Online Lewat HP di SLIK OJK (Tangkapan layar/PojokMalioboro.com)
Ini Cara Cek BI Checking secara Online Lewat HP di SLIK OJK (Tangkapan layar/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Melakukan BI Checking kini bisa dengan mudah secara online hanya melalui layar HP (handphone). BI Checking sendiri merupakan layanan pusat informasi yang dikelola Bank Indonesia yang berisi riwayat kredit atau pinjaman dari debitur.

Informasi riwayat kredit debitur yang tercatat dalam SID (Sistem Informasi Debitur) dalam BI Checking akan dibagikan pada bank atau lembaga keuangan lain, sebagai pihak penyedia jasa pinjaman.

SID berisi Informasi Debitur Individual (IDI) Historis yang dipakai untuk mengetahui data terkait kelancaran pembayaran kredit dari debitur. IDI dalam SID itulah yang digunakan Bank atau lembaga keuangan lain untuk memberikan pinjaman pada debitur.

Baca Juga: Pengamat Sebut Kenaikan Harga Pertamax Tidak Akan Menimbulkan Gejolak di Masyarakat

Informasi riwayat kredit dari BI Checking tersebut biasanya digunakan ketika debitur ingin mengajukan berbagai jenis pinjaman, seperti kartu kredit, Kredit Tanpa Agunan (KTA), Kredit Pemilikan Rumah (KPR), dan sebagainya.

Layanan BI Checking kini telah beralih ke SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) yang  dikelola oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), berbarengan dengan adanya transformasi peran dan wewenang pengawasan transaksi keuangan di Indonesia.

Secara umum, layanan BI Checking dan SLIK itu sama saja, hanya beda pengelola dan nama layanannya saja. Misal, layanan SID dalam BI Checking kini berubah menjadi Informasi Debitur (IDEB) dalam SLIK OJK.

Baca Juga: Jauh dari Harga Keekonomian, DPR Setujui Pertamax Naik jadi Rp 16.000 per Liter mulai April 2022

Kendati berbeda nama, fungsi layanan tersebut tetap sama, bank dan lembaga lain penyedia jasa pinjaman bisa tetap melihat kelancaran pembayaran kredit dari debitur melalui IDI Historis, asalkan telah terdaftar sebagai anggota Biro Informasi Kredit.

Sementara itu, debitur juga tetap bisa memeriksa informasi riwayat kreditnya melalui IDEB di SLIK OJK atau yang dulunya bernama SID, sebagaimana dilansir laman resmi OJK.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa Itu StableCoin? Yuk Simak Penjelasannya...

Jumat, 3 Februari 2023 | 10:54 WIB

Hadapi Perekonomian Tahun 2023, Begini Kata Menkeu

Rabu, 18 Januari 2023 | 07:40 WIB

Soda Pos Hadir Membantu UMKM Naik Kelas

Sabtu, 10 Desember 2022 | 09:27 WIB
X