Perkokoh Sektor UMKM DIY, Tugu Jogja Expo Akan Digelar Tanggal 8 Desember 2022

- Kamis, 1 Desember 2022 | 09:05 WIB
Penyelenggara event Tugu Jogja Expo saat audiensi ke Pj Walikota Yogyakarta Sumadi di Balai Kota Yogyakarta (dok.pribadi/PojokMalioboro.com)
Penyelenggara event Tugu Jogja Expo saat audiensi ke Pj Walikota Yogyakarta Sumadi di Balai Kota Yogyakarta (dok.pribadi/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Gelaran istimewa bertajuk Tugu Jogja Expo bakal semarakkan libur Natal dan Tahun Baru di Yogyakarta. Tak tanggung-tanggung event ini akan memanjakan wisatawan dan masyarakat selama sebulan penuh, mulai tanggal 8 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

Lokasi penyelenggaraannya di Jalan Margo Utomo (Mangkubumi) bersebelahan kantor PLN di lahan eks Hotel Trio seluas 1,1 hektar. Lahan yang puluhan tahun kosong dan dipenuhi semak belukar itu kini sudah rampung dibersihkan untuk didirikan tenda-tenda stan bagi kalangan UMKM DIY. Event Tugu Jogja Expo diinisiasi Sekber Keistimewaan DIY dan Republik Altar Ria.

Tugu Jogja Expo diramaikan sekitar 200 stan UMKM mulai kuliner, fashion, kerajinan, asesoris, oleh-oleh, elektronik dan produk kreatif lain serta aneka wahana permainan. Untuk menunjang kemeriahan acara, pihak penyelenggara menyiapkan panggung kesenian yang akan diisi pentas seni pertunjukan setiap harinya.

Baca Juga: Berasal dari APBD, 3.420 KSJPS Kota Yogyakarta Terima BLT BBM

Jam operasional Tugu Jogja Expo mulai pukul 12.00 hingga 23.00 WIB. Pengunjung yang datang gratis tanpa tiket masuk.

Ketua penyelenggara Tugu Jogja Expo, Widihasto Wasana Putra menjelaskan, event yang digelarnya berusaha menjawab visi misi Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X tahun 2022-2027 tentang peningkatan kemuliaan martabat manusia Jogja melalui Pancamulia khususnya point kedua.

Yakni meningkatkan kualitas dan keragaman kegiatan perekonomi masyarakat, serta penguatan ekonomi yang berbasis pada sumberdaya lokal untuk pertumbuhan pendapatan masyarakat sekaligus pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan.

Baca Juga: Sempat Tertidur Lelap, Korpri Pemerintah Kota Yogyakarta Kembali Bangkit

"Laporan Bank Indonesia pada Agustus 2022 memperlihatkan bahwa perekonomian di DIY tumbuh l5,20% pada triwulan II lebih tinggi dibandingkan triwulan I sebesar 2,91 persen. Pertumbuhan ini menunjukkan aktivitas masyarakat bergeliat mendekati kondisi normal paska pandemi," terang Widihasto.

"Nah trend ini perlu terus didorong demi berlanjutnya perbaikan aktivitas ekonomi khususnya sektor UMKM yang merupakan tulang punggung perekonomian DIY," imbuhnya.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Hadapi Perekonomian Tahun 2023, Begini Kata Menkeu

Rabu, 18 Januari 2023 | 07:40 WIB

Soda Pos Hadir Membantu UMKM Naik Kelas

Sabtu, 10 Desember 2022 | 09:27 WIB
X