Soda Pos Hadir Membantu UMKM Naik Kelas

- Sabtu, 10 Desember 2022 | 09:27 WIB
Soda Pos Hadir Membantu UMKM Naik Kelas (Ibrahim Umar/PojokMalioboro.com)
Soda Pos Hadir Membantu UMKM Naik Kelas (Ibrahim Umar/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Membantu para pelaku UMKM menuju digitalisasi, sebagai Enterpreneur Technology, Abdul Kholik menerbitkan sebuah aplikasi guna membantu para UMKM tersebut melalui Soda Pos yang memiliki arti Solusi Dagang Point of Sales.

Hal itu berawal ketika dirinya melihat adanya problematika dari para pelaku UMKM yang belum mendigitalisasikan bisnis mereka, baik dari proses transaksi maupun penjualan.

"Sekarang eranya sudah digital. Saya melihat adanya problematika dari teman-teman UMKM, jadi belum mampu mendigitalisasikan bisnisnya, baik proses transaksi maupun penjualan," ujar Abdul Kholik, Sabtu 10 Desember 2022 di Yogyakarta.

Baca Juga: Tingkatkan Keterbukaan Informasi di Pemkab Sleman, Bupati Kukuhkan PPID

Melalui aplikasi Soda Pos, nantinya para pelaku UMKM yang menggunakan aplikasi tersebut bisa mengurai permasalahan bisnisnya.

'Nantinya UMKM bisa naik kelas, dan aplikasi ini bisa digunakan dalam semua bisnis, tidak hanya bisnis besar saja," kata CEO Soda Pos ini.

Dijelaskan Abdul Kholik, melalui aplikasi Soda Pos ini bisa menjadikan sebuah laporan keuangan, analitik data, pembiayaan permodalan, pengotimalan digital marketing, yang kesemuanya berhubungan dengan dunia digital.

Baca Juga: Erina Gudono Jalani Prosesi Sungkeman dan Langkahan di Kediamannya

Namun, diakui Abdul Kholik yang sering menjadi permasalahan dalam dunia UMKM adalah belum terlatih tentang literasi keuangan.

"Masalah utama UMKM adalah belum meleknya terhadap transaksi keuangan," katanya.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Apa Itu StableCoin? Yuk Simak Penjelasannya...

Jumat, 3 Februari 2023 | 10:54 WIB

Hadapi Perekonomian Tahun 2023, Begini Kata Menkeu

Rabu, 18 Januari 2023 | 07:40 WIB

Soda Pos Hadir Membantu UMKM Naik Kelas

Sabtu, 10 Desember 2022 | 09:27 WIB
X