• Rabu, 28 September 2022

Sudah Dirumahkan Lebih dari Setahun, Puluhan Buruh Mencari Keadilan di PHI Yogyakarta

- Senin, 21 Maret 2022 | 13:56 WIB
Sudah Dirumahkan Lebih dari Setahun, Puluhan Buruh Mencari Keadilan di PHI Yogyakarta (Ibrahim Umar/PojokMalioboro.com)
Sudah Dirumahkan Lebih dari Setahun, Puluhan Buruh Mencari Keadilan di PHI Yogyakarta (Ibrahim Umar/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Puluhan buruh yang tergabung dalam Federasi Buruh Indonesia mencari keadilan di Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Yogyakarta, Senin 21 Maret 2022 siang.

Pasalnya puluhan buruh yang pernah bekerja di salah satu hotel di Yogyakarta dan anak perusahaan BUMN terkenal di Indonesia ini tidak mendapatkan upah pesangon setelah mereka dirumahkan lebih dari setahun ini.

"Teman-teman disini sudah dirumahkan lebih dari satu tahun dan belum diberikan kompensasi apapun, belum diberikan hak-haknya apapun," ujar Ketua Federasi Buruh Indonesia (FBI) Yogyakarta Ahmad Mustaqim.

Baca Juga: Stok Minyak Goreng di Gardena Supermarket Sudah Normal Kembali

Padahal pihaknya lanjut Ahmad Mustaqim sudah melakukan upaya sesuai Undang-Undang Ketenagakerjaan, dengan melakukan mediasi dengan masing-masing pihak dan terakhir dengan Dinas Tenaga Kerja namun tidak menemukan titik temu.

"Ada anjuran dari Dinas Tenaga Kerja, bahwa pengusaha atau pemberi kerja harus memberikan hak-haknya pekerja sesuai undang-undang berupa pesangon," katanya.

Ahmad Mustaqim yang juga menjadi Kuasa Hukum para buruh tersebut menyebutkan, karena pihak perusahaan atau pemberi kerja belum memenuhi hak-hak para buruh, makanya mereka mencari keadilan melalui Pengadilan Hubungan Industrial (PHI) Yogyakarta.

Baca Juga: Dampak Perang Rusia-Ukraina Makin Dirasakan, Partai Gelora: Indonesia Terancam Krisis Pangan

"Melalui Pengadilan Hubungan Industrial Yogyakarta ini kami mewakili teman-teman buruh mencari keadilan untuk diberikan haknya," kata Ahmad Mustaqim.

Karena menurut dia, para buruh disini sudah sangat memberikan loyalitasnya kepada perusahaan, dengan masa kerja paling sedikit lima tahun bekerja.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Ciri Penipuan Online yang Harus Anda Tahu

Senin, 10 Januari 2022 | 08:05 WIB

Sepanjang Tahun 2021, Kasus Klitih di Yogyakarta Naik

Kamis, 30 Desember 2021 | 10:18 WIB
X