• Selasa, 27 September 2022

Pemkot Yogyakarta bersama 22 LBH Terakreditasi Beri Pendampingan Hukum untuk Warga Miskin

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 20:13 WIB
Pemkot Yogyakarta bersama 22 LBH Terakreditasi Beri Pendampingan Hukum untuk Warga Miskin (Pixabay)
Pemkot Yogyakarta bersama 22 LBH Terakreditasi Beri Pendampingan Hukum untuk Warga Miskin (Pixabay)

POJOKMALIOBORO.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta menggandeng 22 Lembaga Bantuan Hukum (LBH) terakreditasi yang beroperasi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta memberikan layanan bantuan hukum bagi warga miskin atau tidak mampu.

Hal itu disampaikan Sub Koordinator Kelompok Substansi Bantuan Hukum dan HAM Setda Kota Yogyakarta Saverius Vanny Noviandri, Jumat 5 Agustus 2022 saat menggelar jumpa pers di Balaikota Yogyakarta.

"Dalam memberikan layanan, kami bermitra dengan LBH yang sudah terakreditasi. Ada 22 LBH yang sudah bermitra dengan kami, didasari perjanjian kerja sama dengan LBH tersebut, yang terealisasi mulai 2022," ujarnya.

Baca Juga: Resmi Dilantik, HPN Kota Yogyakarta Konsen Pada Kemajuan UMKM

Pada kesempatan itu Vanny juga mengatakan bahwa semua warga negara memiliki hak dan perlakuan yang sama di hadapan hukum, termasuk warga miskin.

"Warga yang masuk kategori miskin rentan tidak mendapat pendampingan hukum. Mereka saat mengalami persoalan hukum, memilih enggan memakai kuasa hukum, cenderung pasrah, karena masalah pembiayaan. Makanya, ini jelas ketimpangan," katanya.

Padahal, sambung Vanny dalam Undang-undang Nomor 16 Tahun 2011 tentang bantuan hukum dijelaskan sudah memberikan ruang kepada pemerintah daerah untuk menganggarkan bantuan hukum khusus warga miskin melalui APBD.

Baca Juga: Pasien Suspek Cacar Monyet di Jawa Tengah Dinyatakan Negatif, Ganjar Tetap minta Pintu Masuk Diperketat

"Skemannya, pemerintah memberikan bantuan pembiayaan, manakala ada warga miskin, yang memenuhi persyaratan, meminta bantuan hukum. Mereka bisa langsung mendatangi Bagian Hukum, atau ke 22 LBH itu," jelasnya.

Adapun layanan yang diberikan meliputi bantuan hukum litigasi, yakni perdata, pidana, serta tata usaha negara (TUN), hingga non litigasi yang mencakup penyuluhan, mediasi, drafting dokumen hukum, dan lain-lain.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

5 Ciri Penipuan Online yang Harus Anda Tahu

Senin, 10 Januari 2022 | 08:05 WIB

Sepanjang Tahun 2021, Kasus Klitih di Yogyakarta Naik

Kamis, 30 Desember 2021 | 10:18 WIB
X