• Jumat, 28 Januari 2022

WHO Membawa Kabar Melegakan Terkait Virus Corona Varian Omicron

- Minggu, 5 Desember 2021 | 19:29 WIB
WHO keluarkan peringatan dini kepada negara-negara dunia untuk mencegah penyebaran varian baru Covid-19 Omicron yang kian meluas. (who.int)
WHO keluarkan peringatan dini kepada negara-negara dunia untuk mencegah penyebaran varian baru Covid-19 Omicron yang kian meluas. (who.int)

POJOKMALIOBORO.com - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengaku belum menemukan kasus kematian akibat infeksi varian baru Covid-19, Omicron. Hal tersebut disampaikan langsung dalam sebuah konferensi pers di Jenewa, Minggu, 5 November 2021.

WHO mengatakan, sedang mengumpulkan bukti terkait keparahan infeksi yang disebabkan oleh varian dengan 32 mutasi pada protein lonjakannya itu. Sejauh ini gejala Omicron dilaporkan sangat ringan.

"Saya belum melihat laporan kematian terkait Omicron," ujar Juru Bicara WHO, Christian Lindmeier.

Baca Juga: Cara Mudah Mengetahui Akun WA Diblokir Tanpa Harus Chat, Ini Penjelasannya

"Kami sedang mengumpulkan semua bukti dan kami akan menemukan lebih banyak bukti seiring berjalannya waktu," imbuhnya.

"Semakin banyak negara terus menguji orang, dan melihat secara khusus varian Omicron, kami juga akan menemukan lebih banyak kasus, lebih banyak informasi, dan, semoga tidak, tetapi juga kemungkinan kematian," jelasnya.

WHO mengungkapkan, bahwa salah satu jalan yang perlu diambil oleh negara-negara dunia adalah mempercepat vaksinasi. Selain itu, badan kesehatan global tersebut meminta agar warga dunia tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditentukan sebelumnya.

Baca Juga: Ketika Paus Fransiskus Diteriaki Sesat oleh Pria Berjubah Hitam saat Kunjungan ke Athena

"Kita tidak boleh hanya mengandalkan tindakan pembatasan. Yang paling penting adalah mempersiapkan varian ini dengan potensi penularan yang tinggi. Sejauh ini informasi yang tersedia menunjukkan bahwa kita tidak perlu mengubah pendekatan kita," ungkap Direktur Pasifik WHO, Takeshi Kasai

Tidak hanya itu, mengutip Straits Times, sekelompok ilmuwan Hongkong telah berhasil mengisolasi varian Omicron untuk menjadi sampel medis. Ini berguna untuk penelitian lebih lanjut demi mengetahui respon kekebalan yang tepat atas virus ini.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ribuan Warga Australia Demo Tolak Vaksinasi Corona

Minggu, 21 November 2021 | 09:30 WIB

Prancis Diserang Gelombang 5 Covid, Kasus Baru Rekor

Kamis, 18 November 2021 | 08:48 WIB

China Bawa Kabar Buruk Baru Buat RI

Rabu, 3 November 2021 | 21:15 WIB

Biden Akan Bicara Krisis Rantai Pasokan Dunia di G20

Sabtu, 30 Oktober 2021 | 20:39 WIB
X