Kerjasama RI-Austria untuk Pengembangan Balai Latihan Kerja Meraih Penghargaan Constantinus Award 2022

- Rabu, 15 Juni 2022 | 17:35 WIB
Kerjasama RI-Austria untuk Pengembangan Balai Latihan Kerja Meraih Penghargaan Constantinus Award 2022 (dok. KBRI Wina/PojokMalioboro.com)
Kerjasama RI-Austria untuk Pengembangan Balai Latihan Kerja Meraih Penghargaan Constantinus Award 2022 (dok. KBRI Wina/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Program kerjasama antara RI dan Austria yaitu Project Development Maritime Vocational Training Center di Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan dinobatkan sebagai pemenang Constantinus Award 2022 pada kategori “International Projects”.

Trofi dan sertifikat penghargaan tersebut telah diterima melalui mitra pelaksana kerja sama di Austria, perusahaan Bit Media Gmbh, dan diteruskan penyerahannya kepada Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziyah, pada tanggal 14 Juni 2022 di Wina dengan disaksikan oleh Duta Besar RI untuk Austria, Dr. iur. Damos Dumoli Agusman.

Penghargaan Constantinus Award diberikan oleh lembaga UBIT yang merupakan asosiasi profesional di Austria untuk bidang konstultansi manajemen, akuntansi dan teknologi informasi. Penghargaan ini telah diakui oleh Pemerintah Federal Austria sebagai satu-satunya penghargaan profesional pada tingkat nasional di bidang tersebut.

Baca Juga: Sri Sultan Hamengku Buwono X Resmikan Pusat Layanan Pengguna Tokopedia Care Yogyakarta yang Ramah Difabel

Proyek kerja sama tersebut dinilai layak untuk mendapatkan penghargaan karena dapat dilaksanakan dengan sangat baik sesuai jadwal yang direncanakan meskipun menghadapi berbagai tantangan teknis di lapangan, khususnya dengan adanya pandemi Covid-19.

“Penghargaan ini merefleksikan adanya koordinasi dan kerja sama yang sangat baik selama ini. Kerja sama terebut merupakan bagian dari upaya Kemenaker RI untuk terus mengembangkan SDM Indonesia, khususnya dalam bidang pendidikan vokasi, guna menjawab tantangan bonus demografi Indonesia,” kata Menaker RI, pada saat menerima penghargaan dimaksud di Wina, dalam siaran pers yang dikeluarkan KBRI/PTRI Wina, Rabu 15 Juni 2022.

Sementara itu Duta Besar RI Wina dalam sambutannya menyampaikan bahwa penghargaan yang diterima dari lembaga asosiasi profesional Austria tersebut tidak hanya merupakan capaian kerja sama teknis antara Indonesia dan Austria semata, tetapi juga merupakan capaian hubungan luar negeri bilateral antara kedua negara.

Baca Juga: Anis Matta: Berkas Verifikasi Partai Gelora Sudah Lengkap 100 Persen, Tinggal Diserahkan ke KPU

Sebelumnya pada bulan Mei 2022 lalu, Menaker RI bersama-sama chargée d'affaires Kedutaan Besar Austria untuk Indonesia, Mr. Philip Roessl, telah meresmikan gedung balai pelatihan dimaksud. Fasilitas dengan standar internasional tersebut dibangun dengan dana yang diperoleh melalui skema bantuan lunak dari Pemerintah Austria. Selain di Medan, proyek kerja sama serupa juga tengah dilaksanakan untuk balai latihan kerja di Serang dan Makassar.

Di samping pembangunan infrastruktur, proyek kerja sama bilateral dimaksud juga mencakup program pelatihan teknis untuk mencetak tenaga kejuruan yang trampil di sektor pariwisata, bahari dan pertukangan. Program tersebut juga, mencakup pendidikan bagi para pelatih yang akan memberikan pelatihan di balai-balai latihan kerja lainnya di Indonesia.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Sumber: KBRI/PTRI Wina

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelantikan AMPI Turki, Ini Pesan Jerry Sambuaga

Selasa, 24 Januari 2023 | 08:06 WIB

Pemerintah AS Larang Warganya ke Indonesia, Ada Apa?

Selasa, 15 Februari 2022 | 09:27 WIB

Ribuan Warga Australia Demo Tolak Vaksinasi Corona

Minggu, 21 November 2021 | 09:30 WIB

Prancis Diserang Gelombang 5 Covid, Kasus Baru Rekor

Kamis, 18 November 2021 | 08:48 WIB
X