Masyarakat Indonesia di Brunei Antusias Ikuti Kembali Upacara HUT Kemerdekaan RI

- Kamis, 18 Agustus 2022 | 10:45 WIB
Masyarakat di Brunei Antusias Ikuti Kembali Upacara HUT Kemerdekaan RI (dok.KBRI Bandar Seri Begawan)
Masyarakat di Brunei Antusias Ikuti Kembali Upacara HUT Kemerdekaan RI (dok.KBRI Bandar Seri Begawan)

POJOKMALIOBORO.com - Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 digelar di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam pada Rabu, 17 Agustus 2022.

Untuk pertama kalinya setelah pandemi Covid-19, ratusan warga Indonesia di Brunei Darussalam antusias mengikuti upacara pengibaran bendera Merah Putih dengan memenuhi lapangan upacara sejak pukul 07.00 pagi waktu setempat, padahal mereka datang dari berbagai penjuru Brunei Darussalam.

Bahkan, masyarakat Indonesia di Brunei Darussalam tetap bersemangat mengikuti jalannya upacara penurunan bendera Merah Putih pada sore harinya.

Baca Juga: PLN Siap Jadi Motor Penggerak Pertumbuhan Ekonomi

Acara itu ditandai dengan Upacara Pengibaran Bendera yang khidmat pada jam 8 pagi yang dipimpin oleh Duta Besar RI (Dubes) untuk Brunei Darussalam, Dr. Sujatmiko, MA sebagai Inspektur Upacara dan Mayor Caj Tinton Kurniawan  bertindak sebagai Komandan Upacara.

Pengibaran bendera itu dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera yang terdiri dari enam pelajar Indonesia di Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) yang berbaris secara padu dan rapi, serta melaksanakan pengibaran bendera dengan baik.

Pengibaran bendera disertai dengan pengumandangan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" yang dinyanyikan oleh semua warga Indonesia yang hadir.

Baca Juga: Indonesia Dinilai Belum Merdeka secara Hukum, Aroma Kekuasan masih Kental dalam Penegakan Hukum

Duta Besar kemudian memimpin jalannya acara mengheningkan cipta untuk mengenang arwah para pahlawan yang telah gugur demi mencapai kemerdekaan Indonesia. Selanjutnya, upacara diakhiri dengan pembacaan doa untuk kemajuan dan kesejahteraan bangsa dan negara.

Dalam berdialog dengan masyarakat Indonesia yang hadir pada saat itu, Duta Besar selalu menyatakan agar masyarakat untuk tetap menjaga persatuan dan solidaritas, saling membantu diperantauan, serta memelihara kerukunan bersama.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Pelantikan AMPI Turki, Ini Pesan Jerry Sambuaga

Selasa, 24 Januari 2023 | 08:06 WIB

Pemerintah AS Larang Warganya ke Indonesia, Ada Apa?

Selasa, 15 Februari 2022 | 09:27 WIB

Ribuan Warga Australia Demo Tolak Vaksinasi Corona

Minggu, 21 November 2021 | 09:30 WIB

Prancis Diserang Gelombang 5 Covid, Kasus Baru Rekor

Kamis, 18 November 2021 | 08:48 WIB
X