• Jumat, 28 Januari 2022

RI Siapkan Dana Rp 46 T untuk Asuransi Gratis 98 Juta Orang

- Kamis, 25 November 2021 | 06:46 WIB
Ilustrasi masyarakat (pikiran-rakyat.com)
Ilustrasi masyarakat (pikiran-rakyat.com)

POJOKMALIOBORO.com - Pemerintah masih akan membantu masyarakat miskin di tahun depan, dengan membayar Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) nya. Jumlah yang dianggarkan untuk bantuan ini mencapai Rp 46,46 triliun.

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan, jumlah anggaran tersebut untuk membantu sebanyak 98,8 juta jiwa peserta JKN yang terdaftar sebagai penerima bantuan iuran (PBI) dari pemerintah.

"Berdasarkan meeting bertiga dengan Kementerian Bappenas, Kementerian Keuangan dan Kementerian Kesehatan, kami menganggarkan PBI jaminan kesehatan tahun 2022 sebesar Rp 46,464 triliun," ujarnya dalam raker Komisi IX DPR RI, Rabu 24 November 2021.

Baca Juga: 120 Juta Warga RI Akan Dapat Asuransi Gratis dari Pemerintah

Menurutnya, anggaran tersebut diberikan dengan rata-rata bantuan iuran diberikan sebesar Rp 40 ribu per orang per bulannya.

Namun, jumlah anggaran itu masih bisa berkurang ataupun bertambah dalam perjalanannya.

Budi menjelaskan, data penerima JKN PBI dari pemerintah bisa berubah di tengah jalan. Misalnya, jika ada peserta yang saat ini miskin dan kemudian bekerja, lalu terjadi peningkatan status hidupnya maka bisa berkurang datanya.

Baca Juga: Jutaan Orang yang Sudah Meninggal Masih Tercatat PBI di Kemensos, Kok Bisa?

Jadi perubahan anggaran akan menunggu data dari Kementerian Sosial, yang kemudian akan di verifikasi oleh BPJS Kesehatan untuk kepastiannya.

"Angka ini nanti akan ditentukan kepastian berdasarkan masukan Kementerian Sosial dan sesudah itu dikoreksi atau verifikasi BPJS Kesehatan," katanya.*

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Ketentuan Isolasi Mandiri bagi Pasien Omicron

Minggu, 23 Januari 2022 | 07:09 WIB

Waspada, Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia

Jumat, 17 Desember 2021 | 07:18 WIB
X