• Jumat, 28 Januari 2022

Gejala Tidak Biasa Covid Varian Omicron yang Perlu Diwaspadai

- Sabtu, 4 Desember 2021 | 15:39 WIB
Ilustrasi virus corona. (Pixabay/TheDigitalArtist)
Ilustrasi virus corona. (Pixabay/TheDigitalArtist)

POJOKMALIOBORO.com - Varian baru Covid-19 Omicron terus menyebar ke berbagai negara. Pertama kali varian virus ini ditemukan di selatan Afrika, memiliki gejala yang berbeda dari varian sebelumnya.

Angelique Coetzee merupakan dokter pertama di Afrika Selatan (Afsel) yang melaporkan gejala varian Omicron. Menurutnya, gejala dari varian Omicron ini tidak biasa, tetapi masuk kedalam gejala kategori ringan.

Dia menjelaskan, para pasien Covid-19 ini datang dengan kondisi mengalami kelelahan hebat. Bahkan ada seorang anak berusia enam tahun dengan denyut nadi yang sangat tinggi. Namun tidak ada satupun yang menderita kehilangan penciuman alias anosmia.

Baca Juga: Dokter PSS Sleman, Elwizan Aminuddin Diduga Gadungan

"Gejala mereka sangat berbeda dan sangat ringan dari yang pernah saya tangani sebelumnya," ungkap Coetzee yang juga menjabat sebagai pimpinan di Asosiasi Medis Afsel seperti dikutip dari The Telegraph, Sabtu 4 Desember 2021.

Coetzee menjelaskan, ada satu kasus yang menarik di mana seorang anak dengan usia sekitar enam tahun memiliki gejala suhu dan denyut nadi yang sangat tinggi.

"Saya bertanya-tanya apakah saya harus menerimanya. Tetapi ketika saya menindaklanjuti dua hari kemudian, dia jauh lebih baik," imbuhnya.

Baca Juga: Hari Disabilitas Internasional, Berikut Sejarah dan Arti yang Terkandung Didalamnya

Ia menyebut, secara total sekitar 24 pasiennya dinyatakan positif Covid-19 dengan gejala varian Omicron. Mereka kebanyakan merupakan pria sehat yang merasa sangat lelah, dan setengah dari mereka tidak divaksinasi.

Menurutnya, semua pasiennya dalam kondisi sehat. Namun dia khawatir jika varian baru ini menyerang kelompok lansia. Apalagi jika disertai penyakit penyerta seperti diabetes, penyakit jantung, atau dengan tingkat keparahan lain.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Ketentuan Isolasi Mandiri bagi Pasien Omicron

Minggu, 23 Januari 2022 | 07:09 WIB

Waspada, Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia

Jumat, 17 Desember 2021 | 07:18 WIB
X