• Kamis, 6 Oktober 2022

Jangan Sembarangan Beri Anak Parasetamol Usai Vaksin Covid, Ini Efeknya

- Senin, 20 Desember 2021 | 07:44 WIB
Ilustrasi Vaksin Covid (Pexels/Karolina Grabowska)
Ilustrasi Vaksin Covid (Pexels/Karolina Grabowska)

POJOKMALIOBORO.com - Vaksinasi Covid-19 untuk anak berusia 6-11 tahun sudah dimulai pada Selasa 14 Desember 2021 lalu.

Dokter menganjurkan para orangtua untuk tidak langsung memberikan parasetamol pada anak pasca disuntik vaksin Covid-19.

Mengapa demikian? Bukankah minum parasetamol bisa mengantisipasi demam pasca vaksinasi?

Baca Juga: Ini Syarat Mudik Natal dan Tahun Baru bagi Pengguna Bus AKAP serta Mobil Pribadi

Ketua Satgas Imunisasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Prof Dr dr Hartono Gunardi, SpA(K), menyebut gejala kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) pada anak berusia 6-11 tahun hingga kini tergolong ringan.

Diantaranya nyeri di area bekas suntikan, lemas, mengantuk, dan demam.

"Yang lokal nyeri pada suntikan yang biasa kita alami. Nyeri, kemerahan, bengkak di tempat suntikan, kemudian nyeri yang sistemik. Istilahnya (sistemik) agak menyeramkan, padahal yang dimaksud adalah lemas-lemas, ngantuk, anget-anget, atau demam," terangnya beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Ramalan Zodiak Karier Hari Ini Senin 20 Desember 2021, Aries Lakukan Kesalahan Kerja, Leo Alami Peningkatan

Namun Prof Hartono menegaskan, anak tak boleh diberikan parasetamol pasca vaksinasi Covid-19 jika tidak muncul demam.

Ia khawatir jika parasetamol langsung diberikan, alih-alih mencegah timbul demam, malah bakal mengganggu kerja vaksin pada tubuh.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kenali Definisi Kasus Hepatitis sesuai WHO

Jumat, 20 Mei 2022 | 19:24 WIB

Cara Mencegah Hepatitis Akut, Begini Kata Menkes

Selasa, 10 Mei 2022 | 09:00 WIB
X