• Jumat, 28 Januari 2022

Kasus Omicron Terus Bertambah, Kemenkes Gencarkan Layanan Telemedicine untuk Pasien Isoman

- Jumat, 14 Januari 2022 | 06:25 WIB
Ilustrasi layanan Telemedicine  (dok.Kemkes)
Ilustrasi layanan Telemedicine (dok.Kemkes)

POJOKMALIOBORO.com - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terus mencatat penambahan konfirmasi Omicron di Indonesia. Dengan adanya penambahan kasus sebanyak 92 kasus konfirmasi, total konfirmasi Omicron per Senin 10 Desember 2022 mencapai 506 kasus.

Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes Siti Nadia Tarmizi mengatakan, jika dilihat dari tingkat keparahan, mayoritas kasus Omicron tidak menunjukkan gejala atau memiliki gejala ringan, sehingga tidak membutuhkan perawatan yang serius di rumah sakit.

Karena itu, Kemenkes akan menggencarkan telemedicine yang didedikasikan bagi pasien yang melakukan isolasi di rumah.

Baca Juga: Pantau Sejumlah Fasilitas Umum, Forpi Kota Yogyakarta Temukan Ini

"Kami bekerjasama dengan 17 platform telemedicine untuk memberikan jasa konsultasi dokter dan jasa pengiriman obat secara gratis bagi pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi di rumah, agar penanganan pasien dapat dilakukan seluas dan seefektif mungkin," ujar Nadia, dikutip dari laman Kemenkes, Kamis 13 Januari 2022.

Selain itu dari sisi teurapetik, Kemenkes juga akan menyertakan penggunaan obat Monulpiravir dan Plaxlovid untuk terapi pasien Covid-19 dengan gejala ringan.

Nadia menambahkan, dari sisi tracing, Kemenkes akan melakukan penemuan kasus aktif dengan meningkatkan tracing menjadi lebih dari 30 per kasus positif.

Baca Juga: Vaksinasi Booster, Pemkot Yogyakarta Tunggu Tambahan Stok Vaksin

Selain itu, juga akan dilakukan pemeriksaan Whole Genome Sequencing (WGS) pada level komunitas dengan target 1.700 sampai 2.000 WGS setiap bulannya.

Selain itu, pemerintah juga memulai vaksinasi dosis lanjutan atau booster Covid-19 bagi kelompok usia 18 tahun ke atas, untuk mempertahankan tingkat kekebalan serta memperpanjang masa perlindungan dari Covid-19 termasuk Omicron.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ini Ketentuan Isolasi Mandiri bagi Pasien Omicron

Minggu, 23 Januari 2022 | 07:09 WIB

Waspada, Varian Omicron Terdeteksi di Indonesia

Jumat, 17 Desember 2021 | 07:18 WIB
X