• Jumat, 9 Desember 2022

Kasus Covid-19 di Kota Jogja Pekan Ini Meningkat Tajam

- Rabu, 20 Juli 2022 | 20:20 WIB
Ilustrasi virus Covid-19 (Pixabay/geralt/PojokMalioboro.com)
Ilustrasi virus Covid-19 (Pixabay/geralt/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Awal pekan ini kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Yogyakarta mengalami kenaikan tajam. Pemerintah daerah setempat meminta masyarakat untuk tetap disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, karena banyak aktivitas yang kembali normal.

"Pada awal pekan ini, kenaikan kasus Covid-19 memang cukup tinggi. Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebabnya. Bisa jadi protokol kesehatan mulai diabaikan," ujar Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Pengelolaan Data dan Sistem Informasi Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Lana Unwanah, Rabu 20 Juli 2022.

Berdasarkan data terkini corona.jogjakota.go.id pada Selasa 19 Juli 2022, di Kota Yogyakarta terdapat tambahan 60 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dengan sembilan pasien dinyatakan sembuh, tanpa ada pasien yang meninggal dunia. Dengan demikian, total kasus aktif tercatat 110 kasus.

Baca Juga: Bupati Sleman Membuka Konferensi PGRI Sleman

Sehari sebelumnya, Senin 18 Juli 2022, tambahan kasus terkonfirmasi positif di Kota Yogyakarta juga tercatat dua digit, yakni 23 kasus.

Selain protokol kesehatan yang mungkin mulai diabaikan oleh masyarakat, faktor yang juga bisa menjadi pemicu meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Yogyakarta adalah interaksi dan aktivitas yang kembali berjalan normal, serta perjalanan ke dan dari luar daerah.

Karena itu, Lana mengingatkan agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan dengan baik, termasuk memakai masker supaya dapat meminimalisasi potensi tertular virus.

Baca Juga: Pemkot Yogyakarta Imbau Warga Waspadai Penyakit Leptospirosis

Terkait perkiraan kenaikan kasus pada akhir Juli hingga Agustus, Lana menyebut sudah melakukan antisipasi, salah satunya meminta rumah sakit untuk waspada dan tetap menyediakan ruangan isolasi. Shelter penanganan Covid-19 yang dikelola Pemerintah Kota Yogyakarta juga tidak ditutup.

"Selain itu, kami juga sedang mendata masyarakat yang mungkin belum menjalani vaksinasi booster karena vaksinasi bisa memberikan kontribusi pada pengendalian kasus," ungkapnya.

Halaman:

Editor: Putri Susanti

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mahasiswi AFIYO Edukasi Dagusibu Obat Sediaan Cair

Senin, 5 Desember 2022 | 12:01 WIB
X