• Jumat, 9 Desember 2022

Pasien Suspek Cacar Monyet di Jawa Tengah Dinyatakan Negatif, Ganjar Tetap minta Pintu Masuk Diperketat

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 05:39 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (jatengprov.go.id)
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (jatengprov.go.id)

POJOKMALIOBORO.com - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengumumkan hasil pemeriksaan terhadap pasien suspek cacar monyet yang ditemukan di Jawa Tengah. Ia menyatakan hasil tes pemeriksaan pasien suspek tersebut negatif monkeypox.

"Kemarin terindikasi satu (suspek cacar monyet). Tadi hasil PCR-nya negatif," kata Ganjar di sela melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Boyolali, Kamis, 4 Agustus 2022.

Meski hasilnya negatif, namun orang nomor satu di Jateng ini mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terhadap cacar monyet. Salah satunya dengan menerapkan pola hidup sehat dalam mengantisipasi penyakit cacar monyet.

Baca Juga: Pembangunan Pusat Persemaian di Kalimantan Selatan, Kerjasama Kementerian LHK dan PUPR bersama Adaro

Ganjar juga mengimbau setiap orang yang memiliki gejala mirip cacar monyet harus segera menjalani pemeriksaan sebagai langkah antisipatif.

Ganjar mengungkapkan, kejadian seperti ini bukan kali pertama terjadi di Jawa Tengah. Sebelumnya pernah ditemukan pasien mengalami gejala seperti cacar monyet. Namun, ketika dites hasilnya negatif.

"Saya sudah cek, hasil lab pemeriksaan terakhirnya bukan. Alhamdulillah," ujarnya.

Baca Juga: Besok Partai Demokrat Daftar ke KPU, AHY Bawa 34 Ketua DPD

Guna mengantisipasi merebaknya kasus cacar monyet, Ganjar meminta pemerintah pusat memperketat pintu masuk ke Indonesia.

"Kami meminta, karena ini pasti ada pengaruh dari luar, maka pintu masuk Indonesia masih butuh pengetatan-pengetatan dan checking menggunakan banyak peralatan agar kita bisa aman," ucapnya.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Mahasiswi AFIYO Edukasi Dagusibu Obat Sediaan Cair

Senin, 5 Desember 2022 | 12:01 WIB
X