Mahasiswi AFIYO Edukasi Dagusibu Obat Sediaan Cair

- Senin, 5 Desember 2022 | 12:01 WIB
Mahasiswi AFIYO Edukasi Dagusibu Obat Sediaan Cair (dok.AFIYO/PojokMalioboro.com)
Mahasiswi AFIYO Edukasi Dagusibu Obat Sediaan Cair (dok.AFIYO/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Mahasiswi Akademi Farmasi Indonesia Yogyakarta (AFIYO) terdiri dari Pascalia Novita S, Puput Noviana, Rena Ayu PA, Sentiawani, Sindy Alya R, Stevany Aprilia I, Safana Nur Intani, Sekar Risqita M dan Shafira Rizqa Hasanta mengadakan promosi kesehatan, Minggu 4 Desember 2022.

Kegiatan bertemakan "Edukasi terhadap DAGUSIBU Obat Sediaan Cair pada Ibu PKK Dusun Kasihan RT 05 Kalurahan Tamantirto, Kapanewon Kasihan, Kabupaten Bantul" di bawah Dosen Pembimbing apt. Mexsi Mutia Rissa, M.Farm selaku dosen mata kuliah Promosi Kesehatan.

"Hal tersebut dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan ibu-ibu PKK mengenai pentingnya penggunaan obat dan pengetahuan DAGUSIBU obat sediaan cair," terang Dosen Pembimbing apt. Mexsi Mutia Rissa, M.Farm.

Baca Juga: Perkokoh Sektor UMKM DIY, Tugu Jogja Expo Akan Digelar Tanggal 8 Desember 2022

Dijelaskan Mexsi, kandungan sirup obat yang diduga menyebabkan gangguan ginjal akut adalah sediaan sirup yang mengandung cemaran EG dan DEG, yang kemungkinan berasal dari 4 bahan tambahan: propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan gliserin/gliserol.

Terkait masalah yang terjadi pada sediaan sirup tersebut lantas dilakukan observasi pada ibu-ibu PKK Dusun Kasihan, yang didapatkan banyak ibu-ibu yang menjadi panik berlebih dan tidak ingin menggunakan obat sediaan cair yang telah diperbolehkan penggunaannya oleh BPOM RI, baik sediaan cair berbagai jenis baik sirup, emulsi, suspensi dan sebagainya.

"Karena adanya kasus gagal ginjal akut tersebut," terang Shafira Rizqa Hasanta selaku ketua panitia, Senin 5 Desember 2022.

Baca Juga: Indonesia Bisa Tiru Qatar, 'Negara Kecil, Tapi Otaknya Besar' dengan Memiliki Peta Jalan Arah Baru Indonesia

"Adanya program edukasi DAGUSIBU obat sediaan cair diharapkan masyarakat menjadi lebih pintar dan bijak dalam memilih serta menggunakan obat sediaan cair," kata Daliman, Ketua RT 05, yang sangat senang adanya program pengabdian masyarakat AFIYO di wilayahnya.

Berdasarkan informasi terkini terdapat 156 merk obat sediaan sirup yang sudah dipastikan aman dan tidak mengandung cemaran yang menyebabkan gagal ginjal akut.

Halaman:

Editor: Affan Safani Adham

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Simak Ketentuan Vaksinasi Booster Ke-2 dari Kemenkes

Kamis, 26 Januari 2023 | 12:05 WIB

Waspada, Campak jadi Komplikasi Sebabkan Kematian

Kamis, 26 Januari 2023 | 11:55 WIB

Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman KLB Campak

Sabtu, 21 Januari 2023 | 07:18 WIB

Mahasiswi AFIYO Edukasi Dagusibu Obat Sediaan Cair

Senin, 5 Desember 2022 | 12:01 WIB
X