• Kamis, 6 Oktober 2022

Aktivitas Gunung Merapi Sepekan: Hanya Terjadi 1 Kali Awan Panas Guguran

- Jumat, 3 Juni 2022 | 20:26 WIB
Aktivitas Gunung Merapi Sepekan: Hanya Terjadi 1 Kali Awan Panas Guguran (Instagram @bpptkg/PojokMalioboro.com)
Aktivitas Gunung Merapi Sepekan: Hanya Terjadi 1 Kali Awan Panas Guguran (Instagram @bpptkg/PojokMalioboro.com)

POJOKMALIOBORO.com - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mengeluarkan laporan resmi terkait aktivitas Gunung Merapi selama sepekan sejak tanggal 27 Mei-2 Juni 2022 melalui akun instagram @bpptkg.

Dikatakan dalam laporan aktivitas Gunung Merapi yang ditandatangani Agus Budi Santoso, pada minggu ini terjadi 1 kali awanpanas guguran ke arah barat daya (hulu Sungai Bebeng) dengan estimasi jarak luncur 1.500 m.

"Guguran lava teramati sebanyak 101 kali ke arah barat daya dominan ke Sungai Bebeng dengan jarak luncur maksimal 1.800 m," tulis dalam laporan tertanggal 3 Juni 2022 itu.

Baca Juga: Perayaan Peh Cun di Pantai Parangtritis Sederhana Namun Khidmat

Selanjutnya, pada kubah barat daya tidak teramati adanya perubahan ketinggian kubah. Untuk kubah tengah juga tidak teramati adanya perubahan morfologi yang signifikan.

"Berdasarkan analisis foto volume kubah lava barat daya terhitung sebesar 1.551.000 m3, dan kubah tengah sebesar 2.582.000 m3," lanjut laporan tersebut.

Sementara, intensitas kegempaan pada minggu ini masih cukup tinggi. Deformasi Gunung Merapi yang dipantau dengan menggunakan EDM pada minggu ini menunjukkan laju pemendekan jarak sebesar 0,4 cm/hari.

Baca Juga: Resmi Dibuka, Muslim Life Fair Yogyakarta 2022 Siap Gairahkan UMKM Produk Halal Daerah

"Untuk intensitas curah hujan sebesar 53 mm/jam selama 125 menit di Pos Kaliurang pada tanggal 31 Mei 2022. Tidak dilaporkan terjadi lahar maupun penambahan aliran di sungai-sungai yang berhulu di Gunung Merapi," lanjut laporan tersebut.

Kemudian dalam laporan aktivitas Gunung Merapi tersebut, disimpulkan:

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kerja Bersama Restorasi Kawasan Pesisir Selatan DIY

Kamis, 11 Agustus 2022 | 16:20 WIB
X