• Kamis, 6 Oktober 2022

Lebih Dari 70 Kali Gempa Bumi Guncang Perairan Wilayah Selatan Jawa Timur

- Minggu, 10 Juli 2022 | 07:27 WIB
Lebih Dari 70 Kali Gempa Bumi Guncang Perairan Wilayah Selatan Jawa Timur (BMKG)
Lebih Dari 70 Kali Gempa Bumi Guncang Perairan Wilayah Selatan Jawa Timur (BMKG)

POJOKMALIOBORO.com - Rentetan gempa bumi terus terjadi pada hari sabtu (9/7/2022) di perairan wilayah selatan Jawa Timur. Gempa utama (mainshock) terjadi pada hari Sabtu (9/72022) pukul 03.27.07 WIB dengan magnitudo 5,2 dengan episenter terletak pada koordinat 9,68° Lintang Selatan - 112,89° Bujur Timur, tepatnya di laut pada jarak 175 Km baratdaya Lumajang dengan kedalaman hiposenter 47 km. Gempa yang terjadi merupakan jenis gempa kedalaman dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah Jawa Timur.

Gempa ini memiliki mekanisme sumber berupa pergeseran naik (thrust fault ) dan tampaknya berasosiasi dengan sumber gempa megathrust selatan Jawa Timur. Gempa utama ini guncangannya dirasakan di Jember, Lumajang, Karangkates, Kepanjen, Lumajang, Blitar dan beberapa daerah lain di Jawa Timur, hingga menyebabkan benda-benda ringan yang digantung bergoyang bahkan genting pada beberapa rumah warga di Kecamatan Kencong, Jember, dilaporkan rontok dan berjatuhan.

Menurut pakar gempa bumi BMKG Daryono menjelaskan meskipun episenter gempa ini berpusat di laut tetapi hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa ini Tidak Berpotensi Tsunami, karena kekuatan gempanya yang relatif kecil hingga belum dapat menimbulkan deformasi dasar laut yang dapat mengganggu kolom air laut.

Baca Juga: Ini 3 Cara Cek Nomor BPJS Ketenagakerjaan dengan NIK KTP 

"Hingga pukul 22.00 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan telah terjadi aktivitas gempa susulan (aftershock) sebanyak lebih dari 70 kali," jelasnya

Gempa susulan yang guncangannya dirasakan oleh masyarakat terjadi 2 kali yaitu pada pukul 05.50.16 WIB dengan magnitudo 4,9 dan pukul 09.53.44 WIB dengan magnitudo 5,0.

"Pusat dari rentetan gempa ini lokasi episenternya berdekatan dengan pusat gempa magnitudo 7,8 pembangkit tsunami selatan Jawa Timur pada 3 Juni 1994 dengan tinggi tsunami 13,9 meter menyebabkan sebanyak 250 orang meninggal dan 15 orang lainnya hilang," pungkas Daryono.

Baca Juga: Cara Mengolah dan Memasak Daging Kambing Agar Cepat Empuk dan Tidak Bau Prengus

Sementara itu hingga pukul 17.30 WIB hasil pemantauan Parmuji Petugas Pusdalops BPBD Kabupaten Jember, dari dampak Gempa bumi yg terjadi, untuk di 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Jember sementara ini aman dan terkendali.

Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali kedalam rumah.

Halaman:

Editor: Ibrahim Umar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kerja Bersama Restorasi Kawasan Pesisir Selatan DIY

Kamis, 11 Agustus 2022 | 16:20 WIB
X